
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Listrik Menggunakan Metode Eksperimen Berbantuan Alat Peraga KIT-SEQIP Di Kelas VI B SDS Yaditra Tarakan
Pengarang : Siti Anisah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Dalam pelaksanaan penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. subyek penelitian adalah siswa kelas vi b sds yaditra tarakan semester ii tahun pembelajaran 2011/2012. yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. teknik pengumpulan data melalui teknik tes yaitu tertulis dan lisan serta teknik non tes yaitu melalui lembar observasi guru dan siswa, dan instrumen validasi isi. hasil penelitian di analisis menggunakan statisik deskriptif yaitu teknik presentase dan dihubungkan dengan standar yang telah ditetapkan. hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ipa pokok bahasan listrik menggunakan metode eksperimen berbantuan alat peraga kit-seqip dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas vi b sds yaditra tarakan pada semester ii tahun pembelajaran 2011/2012. hasil belajar siswa kelas vi b sds yaditra tarakan semester ii tahun pembelajaran 2011/2012 mata pelajaran ipa yang diajarkan dengan menggunakan metode eksperimen berbantuan alat peraga kit-seqip mengalami peningkatan. kemampuan kognitif yang diukur terjadi peningkatan sebesar 17 % yaitu dari 83 % (5 orang siswa tidak tuntas) pada siklus i menjadi 100 % (semua siswa tuntas) pada siklus ii. kemampuan afektif yang diukur terjadi peningkatan. kemampuan psikomotorik yang diukur juga terjadi peningkatan.
Abstrak Indonesia
In this study was used classroom action research with two cycles. the sample of research is students of grade vi of sds yaditra tarakan that is consists of 13 boys and 15 girls. the technique data collecting is by using technique test (written and orally) and non-test (teachers’ observation and students’ observation), and content validation. the result of research relates to the standard minimum which has been fixed. the students learning result of the vi a grade student of sds yaditra tarakan at the second semester in academic year 2011/2012. ability cognitive is improving 17 % from 85 % at the cycle one becomes 100 % at the cycle two.