
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Pecahan Siswa Kelas IVA SD Negeri 009 Tarakan Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing
Pengarang : Selfiani Duma’
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Penelitian tindakan kelas (ptk) telah dilaksanakan di sd negeri 009 tarakan pada semester ii tahun pembelajaran 2011/2012, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas iva sd negeri 009 tarakan. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mada materi bilangan pecahan dengan menggunakan model snowball throwing. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri 2 kali pertemuan. instrumen penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap prilaku siswa dan tes prestasi belajar yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan 2 soal essai. hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada tes prestasi belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum memberikan tindakan nilai rata-rata 57 dan setelah diberikan tindakan pada siklus i nilai rata-rata hasil tes prestasi meningkat menjadi 67.25, pada siklus ii meningkat menjadi 73.62. berdasarkan dari penelitian ini adalah model pembelajaran model snowball throwing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas iva sd negeri 009 tarakan. kata kunci: prestasi belajar meningkat, matematika, model snowball throwing
Abstrak Indonesia
Classroom action research already done in sd negeri 009 tarakan on the second semester in academic year 2011/2012, with research subject in the students iva sd negeri 009 tarakan. the purpose of the research is to improve student learning achievement in fragment number material by using snowball throwing model. this research was held in 2 cycles where each cycle where each consisted of 2 meetings. the research instruments to get the students development data that consisted of 10 multiple choice questions and 2 assay questions. the research result shows that there was improving in students learning achievement test. it can be seen from the result they get in each cycle, before the action gave the average score was 57 and after the cycle gave in cycle i the average achievement test result increased to be 67,25, in cycle ii increased to be 73,62. the conclusion from the research was learning model snowball throwing model can increase mathematic learning achievement students grade iva sd negeri 009 tarakan. keywords: mathematic, snowball throwing model