UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Sifat Benda Melalui Metode Demonstrasi Berbantu Alat Peraga Sederhana Pada Siswa Kelas III SDN 028 Selumit Pantai Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Sifat Benda Melalui Metode Demonstrasi Berbantu Alat Peraga Sederhana Pada Siswa Kelas III SDN 028 Selumit Pantai Tarakan

Pengarang : Salmiah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar ipa dikelas iii-b sdn 028 selumit pantai tarakan. bagaimana peningkatan hasil belajar ipa menggunakan pembelajaran model demonstrasi dikelas iii sdn 028 selumit pantai tarakan tahun pelajaran 2011/2012. data dikumpulkan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. dalam teknik ini, penulis melakukan penelitian secara 2 siklus. hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data secara deskriptif implementasi pembelajaran demonstrasi menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, meningkatnya aktifitas siswa dan membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. hal ini berarti bahwa pembelajaran demonstrasi menyenangkan bagi siswa. sesuai dengan rumusan masalah, dan berdasarkan hasil pengumpulan data dan anlisis data dapat dibahas tiga hal yaitu: (1) peningkatan hasil belajar siswa dari siklus i dan siklus ii, (2) peningkatan aktifitas siswa dari siklus i dan siklus ii dan (3) kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran. dari kesimpulan yang diambil dalam penelitian ini adalah (1) pembelajaran demonstrasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus i (70,5), siklus ii (84,00), (2) penerapan pembelajaran demontrasi berpengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa untuk mempelajari pelajaran ipa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan pengajaran berbasis inkuiri sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar. kata kunci: hasil belajar, demonstrasi, ipa

Abstrak Indonesia

Formulation of the problem in this research is the demonstration of the application of the learning model to improve learning outcomes in grade iii-b science sdn 028 selumit pantai tarakan. how to increase science learning outcomes using the model of learning in the grade iii sdn. 028 selimut pantai tarakan academic year 2011/2012. data collected by qualitative, descriptive analysis techniques. in this technique, the authors conducted a study in two cycles. the results showed that the implementation of descriptive data analysis demonstration study showed an increase in student learning outcomes, increase student activity, and assist teachers in implementing instructional activities. learning is fun demonstration for students. in accordance with the formulation of the problem, and based on the results of step, data collection and data can be addressed there are: (1). increase student learning outcome from the first cycle and second cycle. (2). increase student activity from cycle i and cycle ii, and (3) the ability teachers in implementing learning. the conclusion of this thesis is (1) learning demonstrations have a positive impact in improving student achievement characterized by increase mastery learning student in each cycle, the first cycle (70.5) and second cycle (84.00). (2) application of positive learning, which can increase students’ motivation to learn science indicated by the average response of students who stated that students interested in inquiry-based teaching. keyword: result study, demonstration, ipa