
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Koperasi Melalui Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Di Kelas IVB SDN 024 Tarakan
Pengarang : Rukamdi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ips pada materi koperasi melalui model kooperatif tipe team games tournamnet (tgt) di kelas iv b sd negeri 024 tarakan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas ivb sd negeri 024 tarakan tahun pembelajaran 2011-2012 yang terdiri dari 27 siswa. penelitian telah dilaksanakan dalam dua siklus. data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran ips berlangsung dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa, hasil belajar siswa, dan dokumentasi. nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas ivb sd negeri 024 tarakan sebelum dilakukan penelitian sebesar 55, masih dibawah kkm yang telah ditetapkan sebesar 70. setelah dilakukan penelitian dengan model kooperatif tipe team games tournament (tgt) hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan. hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus i nilai rata-rata kelas sebesar 64,7 dengan persentase ketuntasan 37,03%, dan pada siklus ii sebesar 78,5 dengan persentase ketuntasan 92,5%. dapat disimpulkan bahwa setelah dilaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) dapat meningkatkan hasil belajar ips pada materi koperasi di kelas ivb sd negeri 024 tarakan.
Abstrak Indonesia
The objective of the research is to improve the result of ips learning on cooperative material by using cooperative team games tournament (tgt) type in class iv b of sd negeri 024 tarakan. this research is a classroom action research. the subjects of this research are students of class iv b of sd negeri 024 tarakan in 2011/2012 academic which has 27 students. the research has been done in two circles. the data of the research has been collected by the observation result in ips learning process by using the students’ activeness observation sheets, students learning report, and documentations. before the research has started, the students in class iv b of sd negeri 024 tarakan learning result on average ware 55. the score is still lower than kkm that has been decided that is 70. after the research did by using cooperative team games tournament (tgt), the students learning result increased in every circle. it is showed that there is increase of students learning score on first circle, the average of class score was 64,7 with the mastery percentage 37,03% and on the second circle the average score was 78,5 with the mastery percentage was 92,5%. as the conclusion learning model cooperative team games tournament (tgt) could increase the result of ips learning on cooperative material on class iv b of sdn 024 tarakan.