
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas IV-B SDN 015 Tarakan
Pengarang : Rostiana
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa pada materi bagian tubuh tumbuhan pada subjek penelitian tindakan kelas (ptk) siswa kelas iv-b sdn 015 tarakan. penelitian tindakan kelas (ptk) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan terdapat 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran. rata-rata hasil belajar pada aspek psikomotorik untuk semua aspek diperoleh siswa pada siklus i ke siklus ii meningkat menjadi 13,70. rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif yang diperoleh siswa pada siklus i 54,81 meningkat menjadi 73,85 pada siklus ii dan presentase keberhasilan belajar secara klasikal pada siklus i sebesar 46% meningkat menjadi 85% pada siklus ii. kesimpulan penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah penggunaan metode eksperimen pada pembelajaran ipa pada siswa kelas iv-b sdn 015 tarakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv-b sdn 015 tarakan. kata kunci: hasil belajar, ipa, metode eksperimen
Abstrak Indonesia
The objective of this study is to improve student’s learning outcomes on ipa (natural science) lesson with material body part of plant on subject classroom observation research in grade iv-b at sdn 015 tarakan. the classroom observation research done in 2 cycles, each consist of 4 steps are planning, action, observation, and reflection. the data collecting technique used in three steps are preparation, action, and reporting. the instrument to collect the data are result study test, psychomotor student assessment sheet, observation of student activity sheets and observation of teacher activity sheets in learning process. average on aspects of psychomotor learning outcomes for all aspects of the student obtained in cycle i and cycle ii increased to 13.70. average on aspects of cognitive learning outcomes for all aspects of the student obtained in cycle i 54, 81 increased to 73, 85 in cycle ii and percentage of success in the classical learning in the cycle i is 46% increase to 85% in cycle ii. the conclusion of this classroom observation research is the use of experimental method on natural science learning for students in grade iv-b sdn 015 tarakan can improve student’s learning outcomes in grade iv-b sdn 015 tarakan. keyword: learning outcomes, natural science, experimental method