
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas IVA SD Negeri 043 Tarakan
Pengarang : Ratna Sudiana
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas iv a sd negeri 043 tarakan. pada pokok bahasan sumber daya alam. untuk kelas iva menggunakan metode belajar inkuiri terbimbing. penelitian ini dilakukan selama tiga bulan mulai dari bulan juni hingga bulan agustus 2012 di sd negeri 043 tarakan. semua siswa kelas iva berjumlah 30 orang siswa. sehingga penelitian ini dapat dilaksanakan dengan menggunakan tes kerja kelompok dan individu. hasil analisis menunjukan hasil belajar siswa cukup berhasil dalam menggunakan metode belajar inkuiri terbimbing. pada siswa kelas iva sdn 043 tarakan. dengan memperoleh hasil belajar rata-rata 70,6%. hasil belajar ilmu pengetahuan alam melalui strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas iva sdn 043 juata kerikil, tarakan sudah dapat memberikan dampak yang positif pada peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi sumber daya alam. selanjutnya dari pihak guru juga memperoleh pengalaman di bidang penelitian khususnya penelitian tindakan kelas dengan cara melakukan penelitian tindakan kelas secara kontinyu guru akan mengetahui kelemahan-kelemahan dalam pembelajaran dan akan berusaha memperbaikinya. kata kunci: hasil belajar, ipa, strategi pembelajaran inkuiri terbimbing
Abstrak Indonesia
Purpose of this study determine students' grades iva sdn 043 tarakan on the subject of natural resources. for class iva using a guided inquiry approach to learning research was conducted over three months starting from the month of juni until august 2012 on sdn 043 tarakan. all students in class iva amounted to 30 students, so this research can be carried out using a test group and individual work. analisys results show quite successful student learning outcomes. the use of guided inquiry methods on student class iv-a sdn 043 tarakan to obtain the results of study with an average of 70%. student learning outcomes in science learning through guided inquiry learning strategies on student's class iva sdn 043 juata kerikil tarakan was give so many positive impacts to improve students learning outcomes in natural resources. then, for the teacher will have some experienced. especially about action class research with doing action class research be continued, teacher will know weaknesses on the learning strategies and will try to fix it. keywords: learning out comes, science, learning strategies and learning through guided inquiry