
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Tema Lingkungan Di Kelas II SD Al-Hilal Tahun Ajaran 2011–2012
Pengarang : Ramayana
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas ii melalui pendekatan kontekstual pada tema lingkungan di sd al-hilal tarakan tahun pembelajaran 2011-2012. penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas. penelitian dilaksanakan mulai bulan maret sampai mei 2012 terdiri dari 2 siklus. subjek penelitian adalah siswa kelas ii sd al- hilal tarakan tahun ajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 15 siswa. data yang dikumpulkan pada setiap siklus adalah data observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta hasil tes belajar siswa. berdasarkan hasil penelitian pada siklus i diperoleh hasil observasi aktivitas guru rata – rata 40 dengan persentase 72,7% termasuk kriteria baik. sedangkan hasil observasi siwa rata- rata 22 dengan persentase 73,3%. untuk hasil tes prestasi pada sikus i yaitu 66,66, pada siklus ii diperoleh hasil tes prestasi dengan rata – rata 80. untuk peningkatan nilai siswa mencapai 20%. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas ii sd al-hilal melalui pendekatan kontekstual tahun pembelajaran 2011 – 2012. kata kunci: hasil belajar, pendekatan kontekstual
Abstrak Indonesia
The aim in this research is to improve students’ learning out comes through contextual learning to area theme in the second grade at sd al – hilal in 2011 – 2012 academic year. this type of research studies a class action research. the experiment was conducted from march to may 2012 consisted of two cycles. subjects were students in second grade at sd al- hilal tarakan 2011-2012 academic year by the number of students 15 students. data collected at each cycle of activity is the observation data of teachers and student activities, student test results. based on the research results obtained by the observation of the cycle i mean the activity of teachers - 40 with the average percentage of 72.7% including both criteria. while the observation of students with an average of 22 percentages 73.3%. for achievement tests at cycle i is 66.66, the second cycle of achievement test results obtained with the average 80. to increase student scores reached 20%. these results indicate that an improve learning out comes through contextual learning to area theme in the second grade in sd al – hilal in 2011 – 2012 academic year. keywords: learning achievement, contextual learning