
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pelajaran IPA Menggunakan Metode Demonstrasi Melalui Media Alat Peraga Di SD Negeri 010 Tarakan
Pengarang : Rahmawati A. M.
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Proses kegiatan belajar mengajar mata pelajaran ipa di kelas iv sdn 010 tarakan terhadap hasil belajar siswa tidak memahami dan menguasai terhadap konsep materi pelajaran ipa semester ii yaitu perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik. siswa kelas iv pada kegiatan belajar mengajar kurang merespon dan termotivasi pada materi pelajaran sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa sendiri. kkm yang ditentukan pada penelitian ini yaitu 70,00. tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv dengan konsep pembelajaran demonstrasi berbantuan alat peraga. metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan melaksanakan rangkaian tindakan pengumpulan data penelitian dengan melaksanakan tes ulangan harian pada kegiatan siklus i dan siklus ii. hasil peneltian yang diperoleh pada siklus i-i rata-rata hasil belajar siswa kelas iv adalah 60,83 dan pada siklus i -ii nilai rata-rata 66,25. pada pelaksanaan siklus iii nilai rata-rata siswa kelas iv mengalami peningkatan yaitu 68,95 dan pada pelaksanaan siklus ii-ii yaitu rata-rata hasil belajar 72,08 mencapai ketuntasan hasil belajar yang diinginkan pada penelitian yaitu 70,00. penerapan pembelajaran demonstrasi berbantuan alat peraga mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv di sd negeri 010 tarakan.
Abstrak Indonesia
The process of teaching and learning science subjects in class iv sdn 010 tarakan on learning outcomes of students do not understand and master the concepts of materials science teaching semester that is the change of sound energy through the use of musical instruments. fourth grade students in learning activities less responsive and motivated on the subject matter so that the impact on student learning outcomes themselves. kkm is defined in this study is 70.00. the purpose of this study was carried out to improve the learning outcomes of fourth grade students to the concept of assisted learning demonstration props. the research method used in this research is to carry out action research class courses of action research data collection by conducting tests on the activities of daily test cycle i and cycle ii. other research results obtained in the second cycle average grade iv student learning outcomes is 60.83 and the cycle i-ii, the average value of 66.25. on the implementation of the second cycle-i average fourth grade students have increased the 68.95 and the implementation of cycle ii-ii which is an average 72.08 achieve mastery of learning outcomes desired learning outcomes in this study is 70.00. application demonstration assisted learning aids to improve student learning outcomes in elementary school fourth grade 010 tarakan.