
Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menceritakan Kembali Isi Cerita Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Di TKN Pembina 1 Tarakan
Pengarang : Puji Astuti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Penelitian tindakan kelas (ptk) telah dilaksanakan di tkn pembina 1 tarakan pada semester i tahun pembelajaran 2011/2012, dengan subyek penelitian adalah siswa kelompok b4 tkn pembina 1 tarakan. penelitian ini bertujuan untukmeningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi cerita secara sederhana dengan menggunakan media gambar seri. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan.instrumen penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap perilaku siswa. hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam bercerita.hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus.sebelum diberikan tindakan presentasi ketuntasan belajar siswa secara klaksikal hanya 18% dan setelah diberikan tindakan pada siklus i meningkat menjadi 62,5% , pada siklus ii presentasi ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 91%. kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah alat peraga gambar seri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi cerita secara sederhana di kelompok b4 tkn pembina 1 tarakan.
Abstrak Indonesia
This study aimed at improving the students ability in retelling stories by using sequenced pictures at group b4 tkn pembina 1 tarakan. the classroom action research was implemented in tkn pembina 1 tarakan in the first semester in academic year 2011/2012, the subjects were student of group b4 tkn pembina 1 tarakan. the car was conducted in two cycles where each cycle consisted of 2 meeting. the research instruments to obtain the data were: the observation sheets for student activity and teacher activity, and the students’ performance in retelling the stories. the result showed that an increase in students’ skills in storytelling. it can be seen from the results obtained in each cycle. before the presentation of action given the thoroughness of student learning in classical only 18% and after a given action on a cycle, i increased to 62.5%, in the second cycle students’ presentations exhaustiveness increased to 91%. the conclusion obtained from this study was that the sequenced pictures could enhance the students’ ability to retell the story at group b4 tkn pembina 1 tarakan.