UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penggunaan Alat Peraga Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Mengenal Penjumlahan Bilangan Asli Siswa Kelas B Di TK Nusa Indah Kampung Empat Tarakan

Penggunaan Alat Peraga Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Mengenal Penjumlahan Bilangan Asli Siswa Kelas B Di TK Nusa Indah Kampung Empat Tarakan

Pengarang : Pitri Mariyanti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sejauh mana penggunaan alat peraga kartu gambar pada siswa kelas btk nusa indah kampung empat tarakan. untuk meningkatkan motivasi siswa dalam menggenal penjumlahan bilangan asli. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian dilaksanakan pada tanggal 22 april sampai dengan 7 mei 2012. subjek penelitian adalah siswa kelas b tk nusa indah kampung empat tarakan.tahap penelitian ini terdiri dari persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. dengan jumlah siswa 21 siswa yang terrdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. alat peraga berfungsi sebagai sarana bantu untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif. hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan alat peraga kartu gambar dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mengenal penjumlahan bilangan asli. hal ini dapat dilihat pada siklus 1 64,7% dan mengalami kenaikan pada siklus 2 sebesar 82,6%.

Abstrak Indonesia

The research design of this research used classroom action research (car). the objective of this research was to improve the students’ mathematic achievement through on introducing bilangan asli flashcard at group b tk nusa indah tarakan. the research was done from april to may 2012, the research objects were students of group b tk nusa indah tarakan. this research was done into some steps: planning, implementing, observing, reflecting. the numbers of students were 21 students, namely 11 baya and 10 girls. based on the data was take, it can be said that the flashcard can help students to increase the students’ mathematic achievement on introducing bilangan asli. the research result showed in the first circle was 64,7 % and the second circle was 82,6%. eventually, it can be revealed that the student’ mathematic achievement on introducing bilangan asli can be increased through flashcard at group b tk nusa indah tarakan. keywords: flashcard, students’ mathematic achievement