UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IVa SDN 043 Juata Kerikil Tarakan Tahun Pembelajaran 2011-2012

Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IVa SDN 043 Juata Kerikil Tarakan Tahun Pembelajaran 2011-2012

Pengarang : Muspira

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kurangnya pengetahuan siswa terhadap cara menulis sebuah karangan yang baik mengakibatkan banyak siswa khususnya tingkatan sd tidak mampu membuat sebuah karangan yang bermutu, sehingga hasil dari karangan yang mereka buat mempengaruhi nilai akhir sebuah pembelajaran. demi meningkatkan hasil belajar yang diharapkan maka seorang pendidik harus melakukan sebuah penelitian tindakan kelas (ptk). tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar di kelas iva sdn 043 juata kerikil tarakan tahun pelajaran 2011-2012. penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak dua siklus pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan penelitian, yaitu; 1) perencanaan peneitian, 2) tindakan penelitian, 3) observasi, 4) refleksi. sampel adalah seluruh siswa-siswi kelas iva sdn 043 juata kerikil tarakan tahun pembelajaran 2011-2012. siklus didasarkan pada metode yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar (kbm) yakni media gambar yang ditampilkan di layar. hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi berupa hasil belajar siswa sebanyak 9,34% dengan menggunakan media gambar. kata kunci: kemampuan, menulis karangan, media gambar

Abstrak Indonesia

The less knowledge of the student to do description writing, very infrences so many student, especially student in primary school (sd) has not capability to write good description, so the result infrences with the last result of they are studyng. to improv of the result that we hope, the learner of the teacher must to do class researching (ptk). the aim of this research to know improving of the student at learning description writing by using drawing instrument in grade iva sdn 043 juata kerikil tarakan learning periode 2011-2012. class research doing by two siclus and every siclus with four steps researching namely : 1) planing research, 2) doing research 3) observation 4) reflection. sampel are all the students grade iva sdn 043 juata kerikil tarakan, learning periode 2011-2012. the siclus based on the methode using in learn teaching (kbm) with drawing instrument showing in the scene. the result of analysis to show improving ability description as the student result 9,34% by using drawing instrument. keywords: capability, description writing, drawing instrument