UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Seri Siswa Kelompok B TK Al-Irsyad Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Seri Siswa Kelompok B TK Al-Irsyad Tarakan

Pengarang : Masnun

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita dengan gambar seri pada siswa kelompok b tk al-irsyad tarakan. penelitian ini dilaksanakan di tk al-irsyad kota tarakan dengan subyek 24 orang siswa. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tehnik pengumpulan data dan analisis kualitatif dilaksanakan dengan 2 siklus. hasil penelitian dengan metode bercerita menggunakan gambar seri menghasilkan kemampuan berbahasa siswa pada siklus i adalah 2,88 dan prosentase ketuntasan belajar 66,36 % sedangkan pada siklus ii kemampuan berbahasa siswa 3,39 dan prosentase ketuntasan belajar adalah 81,66%. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dari siklus 1 dan siklus 2 dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita dengan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa.

Abstrak Indonesia

The purpose of this research is to improve the child’s ability to talk through the method of storytelling with picture of the student in group b series at tk al-irsyad tarakan. this research was conducted at tk al-irsyad tarakan city with 24 student subjectc. tipe of research is a research tehnique class with data collection and qualitative analysis carried out with 2 cycles. the result with the methode of storytelling using picture series produce student proficiency in the first cycle were 2,88 and 66,36 % percent mastery learning, while the second cycle proficiency student and 3,39 percent mastery learning is 81,66%. based on the research that has been done from the first cycle can be conclude that lerning to tell a story using picture series can entrance student learning.