
Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Dalam Bidang Pendidikan Di Kota Tarakan
Pengarang : Muhammad Azhar
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bermaksud untuk menjawab dua pertanyaan terkait dengan pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam bidang pendidikan di kota tarakan. pertama bagaimana pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam bidang pendidikan di kota tarakan ? kedua bagaimana kewenangan dan kewajiban dinas sosial dan pemberdayaan masyarakat serta dinas pendidikan dan kebudayaan kota tarakan dalam pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dalam bidang pendidikan di kota tarakan ? skripsi ini merupakan penelitian empiris dengan menggunakan objek kajian mengenai pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam bidang pendidikan. penelitian ini menggunakan pendekatan ketentuan hukum, yakni peraturan perundang-undangan tentang hak penyandang disabilitas. data yang digunakan dalam skripsi ini terdiri dari data primer dan data sekunder. data priemer yaitu data yang didapatkan melalui wawancara, angket/daftar pertanyaan, observasi dan pengamatan di lapangan. data sekunder diperoleh dari buku, jurnal,artikel, data-data dari internet. hasil dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa penyandang disabilitas di kota tarakan terdapat kekurangan seperti tenaga pengajar yang terlatih, kurangnya sarana prasarana yang memadai, dan kurangnya aksesibilitas. pemerintah perlu meningkatkan perhatian dan upaya mereka dalam memenuhi hak-hak pendidikan penyandang disabilitas. pemenuhan hak-hak pendidikan bagi penyandang disabilitas diharapkan dapat meningkatkan kesetaraan dan memperbaiki kondisi sosial dan ekonomi. kesimpulan dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa penerapan undang-undang tentang penyandang disabilitas dalam bidang pendidikan di kota tarakan kalimantan utara masih belum maksimal dalam penerepan dan juga pemenuhannya. kata kunci : pemenuhan hak, penyandang disabilitas, bidang pendidikan, di kota tarakan
Abstrak Indonesia
This study aims to answer two questions regarding fulfilling the rights to education for persons with disability in tarakan city. first, how is the fulfillment of the rights to education for persons with disabilities in tarakan city? second, how are the authorities and obligations of the social and community empowerment department and the department of education and culture in tarakan city to fulfill the rights to education for persons with disabilities in the field in tarakan city?). this thesis was an empirical research using the object of study regarding the fulfillment of the rights to education for persons with disabilities. this study used a legal provision approach, namely legislation on the rights of persons with disabilities. the data used in this thesis consists of primary data and secondary data. primary data is obtained through interviews, questionnaires, observations, and observations in the field. secondary data was obtained from books, journals, articles, and data from the internet. as a result of this research, the researcher concludes that persons with disabilities in tarakan city have shortcomings such as trained teaching staff, lack of adequate infrastructure, and lack of accessibility. the governments need to increase their attention and efforts in fulfilling the educational rights of people with disabilities. fulfilling the educational rights of persons with disabilities is expected to advance equality and improve social and economic conditions. in conclusion, the researcher concludes that the application of the law on persons with disabilities to education in tarakan city, north kalimantan is still not optimal in its application and fulfillment. keywords: fulfillment of rights, persons with disabilities, education, tarakan city.