
Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Pada Materi Pelajaran Sifat-Sifat Bangun Ruang Dengan Menggunakan Alat Peraga Di SDN 010 Tarakan
Pengarang : Maria Yusnar
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Proses kegiatan belajar mengajar mata pelajaran matematika di kelas iv sdn 010 tarakan terhadap hasil belajar siswa tidak memahami dan menguasai terhadap konsep materi pelajaran matematika semester ii yaitu sifat-sifat bangun ruang melalui penggunaan alat peraga. siswa kelas iv pada kegiatan belajar mengajar kurang merespon dan termotivasi pada materi pelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sendiri. kkm yang ditentukan pada penelitian ini yaitu 65,00. tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika terhadap siswa kelas iv dengan konsep pembelajaran berbantuan alat peraga. metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan melaksanakan tindakan pengumpulan data penelitian dengan melaksanakan tes ulangan harian pada kegiatan siklus i dan siklus ii. hasil penelitian yang diperoleh pada siklus i-i rata-rata hasil belajar siswa kelas iv adalah 55,50 dan pada siklus i -ii nilai rata-rata 58,50. pada pelaksanaan siklus ii-i nilai rata-rata siswa kelas iv mengalami peningkatan yaitu 61,16 dan pada pelaksanaan siklus ii-ii yaitu rata-rata hasil belajar 65,16 mencapai ketuntasan hasil belajar atau kkm yang diharapkan pada penelitian yaitu 65,00. penerapan pembelajaran matematika berbantuan alat peraga mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas iv di sd negeri 010 tarakan.
Abstrak Indonesia
Students at fourth grade at sdn 010 tarakan are not comprehend and master enough of mhathematics subject especially in space form characteristics concept. in the learning activity, they are not respond and motivated enough to the lesson and with the result is influenced their score. score minimal of this research is 65,00. the aim of this research is to increase students’ score of mathematics subject by using instrument. the method of this research is classroom action research by implementing data collected of test in first cycle and second cycle. the average score of i-i cycle is 55,50 and in i-ii cycle students get 58,50 in average. students’ score are increasing in ii-i cycle, that is 61,16 in average and in ii-ii cycle the average of student’s score is 65,16. this score has reached the minimal score. the implementation of mathematics subject by using instrument is able to increase students’ motivation and score at fourt grade at sdn 010 tarakan.