UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Keterampilan Membaca Wacana Melalui Pendekatan Pengalaman Berbahasa (PPB) Siswa Kelas II SDN 007 Tarakan

Meningkatkan Keterampilan Membaca Wacana Melalui Pendekatan Pengalaman Berbahasa (PPB) Siswa Kelas II SDN 007 Tarakan

Pengarang : Mardiana

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kelas ii sekolah dasar adalah termasuk tingkatan awal seseorang dalam menapaki pendidikan formal. di sini, siswa mendapatkan materi bahasa dan sastra indonesia yang di dalamnya tercakup pula pembelajaran membaca. dalam pelaksanaannya, pembelajaran membaca di kelas ii sd mengalami banyak sekali kendala. salah satunya adalah tentang ketidaksesuaian bahan ajar membaca yang digunakan guru pada saat proses pembelajaraan membaca.. keadaan demikian dapat mengakibatkan menurunnya prestasi membaca siswa, khususnya kelas ii sdn 007 tarakan oleh sebab itu, penelitian ini berusaha untuk mencari solusi terhadap masalah di atas melalui pengajaran membaca yang didesain dengan pendekatan pengalaman berbahasa. penelitian ini berusaha untuk mengkaji apakah kemampuan membaca siswa kelas ii sdn 007 tarakan dapat ditingkatkan melalui pendekatan pengalaman berbahasa? setelah mengikuti pembelajaran membaca yang didesain dengan pendekatan pengalaman berbahasa? penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca siswa kelas ii sdn 007 tarakan setelah pengajaran membacanya didesain dengan pendekatan pengalaman berbahasa, (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas ii sdn 007 tarakan. penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (action research) yang bersiklus. masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. subjek penelitian adalah kemampuan membaca siswa kelas ii sdn 007 tarakan berjumlah 25 siswa, laki-laki 16 siswa dan perempuan 9 siswa. pelaksanaan penelitian siklus i diperoleh hasil bahwa secara individu masih ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai di bawah standart (< 70) dan secara klasikal berhasil mencapai angka 74,26 atau mencapai kategori nilai baik. angka ini mengalami peningkatan sebesar 8,24 % menjadi 80,38 atau mencapai kategori nilai sangat baik pada pelaksanaan penelitian siklus ii. hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik dan positif antara penelitian siklus i dan siklus ii. hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pendekatan pengalaman berbahasa mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas ii sdn 007 tarakan dan mampu merubah perilaku siswa ke arah yang positif. kata kunci: kemampuan membaca, pendekatan pengalaman berbahasa, kelas ii

Abstrak Indonesia

Class ii elementary school is included in treading one's initial level of formal education. here, students get materials indonesian language and literature in which also included learning to read. in practice, learning to read at grade ii sd had a lot of obstacles. one is about the incompatibility of teaching materials that teachers use reading during the process of reading pembelajaraan such circumstances can result in decreased student reading achievement, particularly class ii sdn 007 tarakan therefore, this study seeks to find solutions to the above issues through teaching reading that is designed with language experience approach. this study attempted to assess this ability to read grade ii sdn 007 tarakan can be enhanced through the language experience approach? after participating in learning to read the language experience approach designed? this study aims to (1) describe an increase in the ability to read grade ii sdn 007 tarakan after reading instruction designed with language experience approach, (2) describe changes in student behavior class ii sdn 007 tarakan. this study uses classroom action research design (action research) are cyclic. each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation and reflection. the subject of research is the ability to read grade ii sdn 007 tarakan numbered 25 students, 16 male and female students 9 students. implementation of the first cycle of studies obtained results that individually there are still some students who score below the standard (< 70) and classically achieved 74.26 points or achieve good value category. this figure has increased by 8.24% to 80.38 or achieve very good value categories on the implementation of the second cycle of research. this shows that there has been a change in the behavior of students toward a better and positive relationship between the research cycle i and cycle ii. above results it can be concluded that the language experience approach to improve students' reading skills class ii sdn 007 tarakan and can change the behavior of students in a positive direction.