
Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Mengarang Sederhana Melalui Pembelajaran Berbasis Komunitas Di Kelas IVA SDN 042 Tarakan
Pengarang : Linda Lolon Saruran
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Proses pembelajaran bahasa indonesia di sdn 042 tarakan kelas iv masih di dominasi oleh guru sehingga keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang. hal ini berpengaruh pada rendahnya kemampuan siswa. pada saat kegiatan pembelajaran menulis karangan sederhana. untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu menggunakan metode dan model pembelajaran yang cocok agar siswa dapat berpikir secara kritis, logis dan berimajinatif, dan dapat memberikan solusi masalah dengan sikap terbuka.. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa pada pelajaran bahasa indonesia khususnya mengarang sederhana pada siswa kelas iv sdn 042 tarakan dengan menggunakan model berbasis komunitas. untuk mengatasi permasalahan tersebut di perlukan sebuah model yaitu model berbasis komunitas. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar yang diambil dari pemberian tugas pada akhir kegiatan dan aktivitas kegiatan siswa diambil dari lembar observasi. penelitian ini dilaksanakan 2 kali pertemuan dalam 2 siklus dan siswanya berjumlah 22 siswa. hasil analisis dari penggunaan model komunitas selama dua siklus selalu mengalami peningkatan, pada siklus i rata-rata nilai dalam satu kelas (74.4%) dan pada siklus ii rata-rata nilai dalam 1 kelas adalah (81,8%). dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran mengarang sederhana melalui penerapan model berbasis komunitas di kelas iv sdn 042 tarakan. kata kunci: mengarang sederhana, pembelajaran komunitas
Abstrak Indonesia
The process of learning indonesian in class iv sdn 042 tarakan is still dominated by the teacher so that the involvement of the student in the learning process is still lacking. this affects the low ability students. at the time of writing essays simple learning activities. to overcome these problems, it is necessary to use methods and learning models are suitable for students to think critically, logically and berimajinatif, and can provide solutions to problems in an open .. the purpose of this study was to determine the increase in the ability of students in indonesian language particularly simple fabricate the fourth grade students of sdn 042 tarakan using a community-based model. to overcome these problems in need of a model of the community based model. this research was classroom action research conducted two cycles, each cycle consisting of planning, action observation and reflection. the data obtained in this study include learning outcomes derived from the provision of duty at the end of the student activities and events taken from the observation sheet. this study was conducted 2 meetings in 2 cycles and students numbered 22 students. the results of the analysis of the use of community-based models for two cycles always increase, in the first cycle the average value in one class (74.4%) and in the second cycle the average value in the first class were (81.8%). the results showed that an increase in student learning outcomes in learning simple fabricated through a community-based model of the application class iv sdn 042 tarakan. keywords: fabricate simple, learning community