
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Masalah Sosial Setempat Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN 031 Tarakan Tahun Ajaran 2011/2012
Pengarang : Julianah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar ips pada pokok bahasan masalah sosial setempat dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas iv sdn 031 tarakan tahun ajaran 2011/2012. sampel adalah seluruh siswa-siswi kelas iv sdn 031 tarakan tahun pembelajaran 2011-2012. siklus didasarkan pada metode yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar (kbm) yakni siklus pertama pembelajaran dengan gambar seri yang tampilannya belum dapat diperbesar dan siklus kedua pembelajaran dengan menggunakan gambar seri yang tampilannya telah dapat diperbesar. hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 26,78% dengan menggunakan media gambar. kata kunci: hasil belajar, materi masalah sosial, media gambar
Abstrak Indonesia
The objectives of this study to improve the result study on social knowledge talking about local social problems by using picture on grade iv students of sdn 031 tarakan in academic year 2011/2012. the sample of this study is the whole students of grade iv sdn 031 tarakan academic year 2011/2012. the cycle is based on the method the is used in learning activities, “kegiatan belajar mengajar (kbm)” the first cycle is using picture series that is not enlarged yet and the second cycle is using picture series with enlarged picture. the result of analysis show that there is improvement of student’s result study is 26,78% using picture as the media. keywords: result study, social issue, picture media