
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Bilangan Romawi Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 2 Tarakan
Pengarang : Islamiyah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012Abstrak Indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai metode pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika terutama dari teori bilangan romawi. tujuan kedua dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat perbaikkan setelah menggunakan metode pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dalam mata pelajaran matematika materi bilangan romawi yang diaplikasikan pada siswa kelas iv di sd muhammadiyah 2 tarakan. subyek penelitian adalah siswa kelas iv sd muhammadiyah 2 tarakan. total siswa kelas iv adalah 36 siswa yang terdiri 12 siswa pria dan 24 siswa perempuan. berdasarkan penelitian siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa 57,7 siswa yang tuntas 14 siswa, dan pada siklus ii dengan menggunakan alat peraga, rata-rata hasil belajar siswa 94,4 dan siswa yang tuntas adalah 33 siswa. berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan ada peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bilangan romawi setelah menerapkan metode pembelajaran dengan menggunakan alat pelaga, hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,66%.
Abstrak Indonesia
The main objective of this research is to assess the learning method by using props can improve the academic performance in mathematic subject especially in roman numbers theory. the second objective of this research is to identify the level of improvement after using the learning method by using props in mathematic subject in roman numbers which is applies to the current student at a grade iv sd muhammadiyah 2 tarakan. subject of this research is current student at grade iv are 36 students which are 12 male students and 24 female students. based on the research in part 1 before applying the learning method by using props in mathematic subject in roman numbers, the average academic performance is 57,7 and the percentage students who are passed is 14 students. in part 2 after applied the learning method by using props in mathematic subject in roman numbers, the average the academic performance is 94,4 and the student percentage who are passed is 33 students. the researcher can conclude there is improvement in academic performance in mathematic after applying the learning method by using props, at is shown by the percentage of the students who are passed is around 91,66%.