UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Mengarang Dengan Metode Pembelajaran Imajinatif Siswa Kelas 5 SDN 010 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Mengarang Dengan Metode Pembelajaran Imajinatif Siswa Kelas 5 SDN 010 Tarakan

Pengarang : Hj. Salmiah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penggunaan metode pembelajaran oleh guru yang cenderung sama dalam kurun waktu yang lama akan membuat siswa merasa bosan, sehingga hasil belajarnya pun akan rendah. untuk itu, dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang mampu membuat siswa termotivasi untuk meningkatkan hasil belajarnya. salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran imajinatif. permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode imajinatif mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan mengarang untuk pelajaran bahasa indonesia kelas 5 di sdn 010 tarakan. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang ada. pada penelitian ini digunakan penelitian tindakan kelas dengan metode dokumentasi dan metode tes. penelitian ini dilaksanakan di sdn 010 tarakan. adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah kelas 5 sdn 010 tarakan. berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa. hal ini dapat terlihat dari perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. pada pra siklus, ketuntasan siswa hanya mencapai 27 % (8 orang). sementara itu, pada siklus 1 mulai terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa walaupun masih jauh dari target. pada siklus 1 ini ketuntasan siswa sudah mencapai 63% (19 orang). sedangkan pada siklus kedua hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dimana ketuntasan siswa mencapai 100 % (30 orang). dengan demikian pembelajaran yang menggunakan metode imajinatif sangat memberikan manfaat dalam meningkatkan pemahaman dan peningkatan hasil belajar belajar siswa di samping strategi-strategi pembelajaran lain. dengan penerapan model pembelajaran imajinatif siswa tampak merasa sangat senang dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas. dengan begitu, pemahaman dan penerapan strategistrategi pembelajaran merupakan cara ampuh yang harus diterapkan pendidik dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas, dengan hasil akhir yang sangat memuaskan, baik di pihak siswa maupun di pihak pendidik itu sendiri. kata kunci: hasil belajar, imajinatif, mengarang

Abstrak Indonesia

The using of learning model by teacher that is always same for century will make students bored, so it can cause a low score of students. so, it is needed an alternative of learning method that can help teacher to relieve students’ boredom. one of alternative methods is imaginative learning method. the problem in this research is, “how is the imaginative learning method application able to increase students score in composition at sdn 010 tarakan?” the goal of this research is to find solution of the problem. in this research, researcher used classroom action research with documentation and test method. this research took place at sdn 010 tarakan and the subject is a 5 th grade. according to the research, there were increase of students score, behavior and creativities. it can be seen at score comparison of pre cycle, first cycle and second cycle. in pre cycle, there was 27% (8 students) who reached target. while in first cycle, students’ score is increased although it was still far from the target. in second cycle, there was an significant increase of students’ score which all students reached the target (100%). so, imaginative learning gave benefits to increase comprehension and students’ score. students looked so happy and motivated in following the class. so, the comprehension and learning strategies application is an effective way that must be applied by educator to increase students’ score that did by class action research. keywords: students’ score, imaginative learning, composition