UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Penjaskes (Bola Voli: Passing Atas) Menggunakan Multimedia Di Kelas IVD SDN Utama I Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Penjaskes (Bola Voli: Passing Atas) Menggunakan Multimedia Di Kelas IVD SDN Utama I Tarakan

Pengarang : Endang Kusnadi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas ivd pada pembelajaran penjaskes melalui media multimedia di sdn utama 1 tarakan. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. penelitian ini dilaksanakan pada bulan oktober-desember 2011 di semester 1 tahun pembelajaran tahun 2011-2012. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan afektif siswa dan pengamatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran. dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai persentase rata-rata siswa sebelum dilaksanakan tindakan adalah siklus 1 sebesar 43,75% dan siklus ii meningkat menjadi 100%. sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media multimedia dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas ivd pada pembelajaran penjaskes di sdn utama 1 tarakan. kata kunci: hasil belajar, penjaskes, multimedia

Abstrak Indonesia

The research design of this research used classroom action research (car). the objective of this research was to improve the students’ achievement on penjaskes through multimedia at fourth grade students of sd negeri utama 1 tarakan. the research was done in october to december 2011 at first semester in academic year 2011/2012. this research was done into some steps; planning, implementing, observing, and reflecting. the research instruments were observation sheet and test. based on the result of study in first cycle the students’ score percentage was 43.75% and the second cycle was 100%. it indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by using multimedia. by understanding the result of this study, it can be concluded that multimedia can improve the students’ achievement on penjaskes at fourth grade students of sd negeri utama 1 tarakan. keywords: students’ achievement, penjaskes