UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Problem Solving George Polya Pada Siswa Kelas V B SDN 015 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Problem Solving George Polya Pada Siswa Kelas V B SDN 015 Tarakan

Pengarang : Dewi Puspitasari

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan problem solving george polya dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika pada siswa kelas v b sdn 015 tarakan pada materi jarak, waktu dan kecepatan. penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian ini dilaksanakan bulan september 2011 sampai bulan oktober 2011 terdiri dari 2 siklus, masing–masing siklus 2 pertemuan. subjek penelitian adalah siswa kelas v b sdn 015 tarakan tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 25 siswa. data yang dikumpulkan pada setiap siklus adalah data observasi yang terinci dalam bentuk tabel dan grafik dan data tes hasil belajar siswa. peningkatan kemampuan memecahkan masalah matematika ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus i adalah 13 orang dan siswa yang tidak tuntas pada siklus i adalah 12 orang dengan rata–rata nilai 5,95. sedangkan pada siklus ii siswa yang tuntas menjadi 19 orang dan siswa yang tidak tuntas sissa 6 orang dengan rata–rata nilai 7,68.

Abstrak Indonesia

The research aims ti identify how important is the rule of problem solving george polya in improving mathematics problems at students of grade v b sdn 015 tarakan with the subject matters are space, time and speed. the research belongs to class action research (car). it was conducted in september 2011 up to october 2011 consisting of 2 steps in which each step consisting of 2 meetings. the subject of the research is 25 students of grade v b sdn 015 tarakan, academic year of 2011/2012. the data collected in each step is the observation data in form of tables, graphics, and the report of student learning result. the developing of mathematics solving problem is shown by developing of students learning result. in which, 13 students passing step i and remaining are failure with the average score 5,95. meanwhile, there were 19 students passing step ii and remaining are failure with the average score 7,68.