UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Media Audio Visual Di Kelas V SDN 009 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Media Audio Visual Di Kelas V SDN 009 Tarakan

Pengarang : Darmawahyuni

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ips pada materi tokoh sejarah pada masa hindu-budha dan islam pada subjek penelitian tindakan kelas (ptk) kelas va sdn 009 tarakan. ptk ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tiindakan, observasi, dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian afektif siswa, dan lembar pengamatan guru dalam pengelolaan pembelajaran. hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif yang diperoleh siswa pada siklus i yaitu 67 mengalami peningkatan menjadi 76. presentase ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus i sebesar 65% meningkat menjadi 88%. kesimpulan ptk ini adalah penggunaan media audio visual pada pembelajaran ips pada siswa kelas v sdn 009 tarakan dapat meningkatkan hasil belajar. kata kunci: hasil belajar, ips, media audio visual

Abstrak Indonesia

The research design of this research used classroom action research (car). the objective of this research was to improve students’ social science achievement on history of islam, hindu-buddha kingdom through audio visual aids fifth grade students in sd negeri 009 tarakan. the research was done from 19 july to 07 september 2012 in odd semester 2011/2012. this research was done into some steps: planning, implementing, observing, reflecting. the research instruments in this action research were test, observation sheet, students’ scoring sheet and observation sheet for teacher in conduction teaching and learning process. based on the result of study in first cycle the number of per centage was 65% and the second cycle was 88%. while, the students’ score average on the first circle was 67 and second cycle was 76. it indicates that students’ have gained the criteria of success in this research. by understanding the result of this study, it can be concluded that the audio visual can improve students’ social science achievement on history of islam hindu-buddha kingdom through audio visual aids at fifth grade students in sd negeri 009 tarakan. keywords: audio visual, students’ achievement