UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Koperasi Melalui Strategi Role Play Di Kelas IV A SDN 031 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Koperasi Melalui Strategi Role Play Di Kelas IV A SDN 031 Tarakan

Pengarang : Budi Setiawati

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian tindakan kelas (ptk) telah dilaksanakan di sdn 031 tarakan pada semester 2 tahun pelajaran 2012 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas iv a sdn 031 tarakan. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ips pada materi koperasi melalui strategi role play. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. instrumen penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda. hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan nilai rata-rata hasil belajar hanya 60 dan setelah diberikan tindakan pada siklus i nilai rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 64,6, pada siklus ii meningkat menjadi 76,8. kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah strategi role play dapat meningkatkan hasil belajar ips dikelas iv a sdn 031 tarakan.

Abstrak Indonesia

The class act research (ptk) has been held at sdn 031 tarakan in the second semester, school year 2012. the research subject is the students of class iv a at sdn 031 tarakan. the purpose of the research is to increase the result of social studies by cooperation subject through role play strategy. the research will be held in two cycles which every cycle consist of two times meeting. the research instrument to get student development data is the observation in student activities and the study result test which consist of ten multiple choice exercises. the result of research shows that there is the improvement of the student study result. it can be seen from the result in every cycle. before the writer gives the action, the average score of study result is only 60. then the writer gives the action in the first cycle, the average score of study result increases into 64.6. in the second cycle the average score of study result increases into 76.8. the conclusion that is found from the research is role play strategy which can increase the result of social studies in the class iv a at sdn 031 tarakan.