UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Metode Skrambel Dalam Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV SDN 007 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Metode Skrambel Dalam Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV SDN 007 Tarakan

Pengarang : Arbayah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Keterampilan membaca menduduki posisi serta peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. membaca merupakan jembatan bagi siapa saja yang ingin meraih kesuksesan.membaca bukan suatu proses “efakator”melainkan suatu kemampuan yang interaktif dan terpadu. memperoleh keterampilan membaca yang layak bukanlah hal yang mudah. apabila seseorang sudah memiliki keterampilan membaca yang memadahi, sangat mungkin seseorang dengan mudah meraih kesuksesan. kenyataannya kemampuan membaca kelas iv sdn 007 tarakan masih rendah. faktor penyebab rendahnya keterampilan membaca siswa diduga karena minat siswa terhadap pembelajaran tersebut. metode mengajar guru yang kurang sesuai mengakibatkan penguasaan bahasa indonesia terbatas. untuk mengatasi masalah tersebut,perlu diadakan penelitian tindakan kelas. teknik skrambel adalah suatu permainan yang berupa aktivitas menyusun kembali atau pengurutan suatu struktur bahasa yang dikacaubalaukan. dasar pemikirannya adalah “belajar sambil bermain”bukan”bermain sambil belajar”. masalah dalam penelitian ini adalah mampukah teknik skrambel ini meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dan mengubah perilaku siswa dalam kegiatan pembelajaran. adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi secara konkret penggunaan teknik skrambel dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa dan perubahan tingkah laku siswa selama dan setelah kegiatan pembelajaran. subyek peneliltian ini adalah siswa kelas iv sdn 007 tarakan tahun pelajaran 2011/2012, yang terdiri atas ( 27 siswa ) yang terdiri 10 laki-laki,dan 17 perempuan. variabel penelitian ini ada dua yaitu :(1) kemampuan membaca pemahaman, (2) penggunaan teknik skrambel. instrumen peneliltian berupa tes dan nontes.proses tindakan kelas meliputi siklus i dan siklus ii, dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.hasil tes awal dan tes akhir sikllus i diperoleh t = 7, 547 lebih besar dari taraf signifikansi 5 %. hasil tes akhir siklus i dan tes akhir siklus ii diperoleh t = 8, 018 lebih besar dari taraf signifikansi 5%. berdasarkan hal tersebut, teknik skrambel dapat dijadikan alternatif oleh guru dalam pembelajaran karena terbukti teknik ini dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman yang ditandai dengan perubahan perilaku siswa. kata kunci: membaca pemahaman, teknik skrambel, sd

Abstrak Indonesia

Reading skill positions and a very important role in human life. reading is a bridge for anyone who wants to won success. read not a process of "efakator" but an interactive and integrated capabilities. getting a decent reading skills is not easy. if someone already has a adequate reading skills, so maybe someone with easy success. in fact the ability to read grade iv sdn 007 tarakan remains low. factors causing the low reading skills of students allegedly due to students' interest towards learning. teachers teaching methods are less appropriate mastery indonesian resulting limited. to overcome these problems, there should be a class action research. skrambel technique is a form of game or sorting activities reconstitute a structure that confound the language. the idea is to "learn as you play" not "play while learning." the problem in this study is capable skrambel technique is improving reading comprehension skills and change the behavior of students in learning activities. the purpose of this study was to obtain a concrete description of the use of techniques skrambel in improving students' reading comprehension skills and behavior change students during and after the learning activities. subject research are fourth grade students of sdn 007 tarakan school year 2011/2012, which consists of (27 students) comprised 10 men and 17 women. the variables of this study is twofold: (1) the ability of reading comprehension, (2) the use of techniques skrambel. instruments such as tests and nontes. proses research class action includes the first cycle and second cycle, the steps of planning, action, observation, and refleksi. result initial tests and final test sikllus i obtained t = 7, 547 greater than 5% significance level. the results of the final test cycle i and ii obtained the final test cycle t = 8, 018 greater than the significance level of 5%. based on this, the technique could be an alternative skrambel by teachers because learning proven techniques to improve skills reading comprehension is characterized by changes in student behavior. keywords: reading comprehension, technical skrambel, sd