UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 041 Pasir Putih Tarakan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 041 Pasir Putih Tarakan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Pengarang : Afdalia Pratiwi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2012
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Peningkatan keterampilan berbahasa indonesia bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa indonesia. bahasa adalah salah satu alat komunikasi, melalui bahasa manusia dapat saling berhubungan, saling berbagi pengalaman, saling belajar dari yang lain, untuk meningkatkan kemampuan intelektual. standar kompetensi mata pelajaran bahasa indonesia adalah program untuk mengembangkan pengetahuan, ketrampilan berbahasa. keterampilan berbahasa dimaksud meliputi keterampilan berbicara, membaca dan keterampilan menulis.kenyataannya, di kelas iv sekolah dasar negeri 041 tarakan dalam pembelajaran bahasa indonesia terutama materi membaca pemahaman ditemui siswa yang kurang memahami sebuah cerita. rata rata nilai kelas iv sdn 041 tarakan 50,4. nilai rata-rata tersebut masih kurang dari kriteria ketuntasan minimum yang ditentukan adalah 70. hal ini dikarenakan siswa hanya mendengarkan guru membacakan sebuah cerita dengan tanpa diberi kesempatan untuk memahami bacaan tersebut secara detail. penulis melakukan penelitian tindakan kelas untuk mengatasi permasalahan tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahan pada siswa kelas iv sdn 041 tarakan. penulis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad. berdasarkan rumusan masalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di kelas iv sdn 041 tarakan. hasil penelitian dipaparkan secara kuantitatif. hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran pada mata pelajaran bahasa indonesia, siswa dapat memahami bacaan dengan baik dan benar. pembelajaran awal sebelum dilakukan tindakan siswa mendapatkan nilai 53,1, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 pertemuan ke 1 menjadi 58,4. pertemuanke 2 adalah 68 dan siklus ke 2 pertemuan ke 1 adalah 84, pada pertemuan ke 2 adalah 91,2. kata kunci: memahami bacaan, model stad

Abstrak Indonesia

Indonesian skills enhancement aims to improve the language skills of indonesia. language is one of the means of communication, through human language can interact, share experiences, learn from each other, to improve intellectual ability. competency standards indonesian is a program to develop the knowledge, language skills. language skills may include skills in speaking, reading and writing skills. in fact, in the fourth grade elementary school 041 tarakan in learning, especially reading comprehension materials encountered students who do not understand the story. average value of grade fourth grade elementary school 041 tarakan 50.4. the average value is still less than the specified minimum completeness criteria which is 70. this is because the students just listen to the teacher read a story without being given the opportunity to understand the text in detail. the author conducted action research to address these problems which aims to improve literacy among the fourth-grade students of sdn 041 tarakan. the authors use the model type stad cooperative learning. based on the formulation of the problem to improve reading comprehension in grade iv sdn 041 tarakan. the results presented quantitatively. the results of the analysis of the data obtained it can be concluded that an increase in learning outcomes using the model of learning in indonesian language, students can understand reading properly. learning early before measure students scored 53.1, after the action at a meeting cycle 1 to 58.4 to 1. meeting 2 is 68 and cycle 2 meeting to 1 is 84, at a meeting of the two is 91.2. keywords: understanding reading, model stad