
Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia
Pengarang : Muhammad Nur
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Perkembangan teknologi sekarang ini semakin maju, dan tumbuh dengan pesat. perkembangan ini tentu saja membawa pengaruh pada berbagai sektor kehidupan manusia, salah satunya adalah sektor pendidikan. perkembangan teknologi terkini yang pesat adalah semakin seringnya penggunaan gawai, khususnya penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di bidang pendidikan. hal ini membuka peluang besar dalam memanfaatkan teknologi aplikasi pada smartphone untuk dikembangkan menjadi media pembelajaran berbasis aplikasi. salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi augmented reality pada aplikasi android dalam media pembelajaran ipa bagi siswa sekolah dasar (sd) kelas v agar siswa termotivasi dalam belajar dan lebih mudah untuk memahami materi yang dipelajari. untuk itu dikembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality (ar) dengan aplikasi unity mata pelajaran ipa materi sistem peredaran darah besar pada manusia, sekaligus melihat kualitas media pembelajaran yang dihasilkan ditinjau dari aspek kelayakan oleh validator dan ketertarikan oleh siswa. penelitan ini menggunakan model penelitian pengembangan sugiyono, dengan beberapa tahapan pengembangannya, yaitu(1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) rancangan produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk. hasil penelitian pengembangan berupa media pembelajaran ar menunjukkan hasil sangat layak dan sangat menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran, baik di kelas maupun secara mandiri menurut hasil validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa dan respon siswa terhadap penggunaan media ini dalam pembelajaran sangat baik. siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa. kata kunci: augmented reality, media pembelajaran, aplikasi
Abstrak Indonesia
Technological developments are now increasingly advanced and overgrowing. this development certainly impacts various sectors of human life, including education. the latest rapid technological development is the increasing use of gadgets, especially smartphones, in everyday life, including education. education opens up great opportunities for smartphone application technology to be developed into application-based learning media. one of them is by utilizing augmented reality technology in android applications in science learning media for fifth-grade elementary school (sd) students so that students are motivated to learn and it is easier to understand the material being studied. for this reason, learning media based on augmented reality (ar) was developed with the unity application for natural science subjects on the extensive circulatory system in humans while looking at the quality of the resulting learning media in terms of the feasibility aspect of the validator and the interest of students. this research used the sugiyono. development research model, with several development stages, namely (1) potential and problems, (2) information gathering. (3) product design, (4) design validation, (5) design revision, and (6) trial product. the development research results in ar learning media showed very feasible and fascinating use as learning media, both in class and independently. according to the validation results of media experts, material experts, linguists, and students' responses, this media in learning were excellent. students were enthusiastic about participating in learning, and this aroused students curiosity. keywords: augmented reality, learning media, applications