
Peran Guru Dalam Mempersiapkan Siswa Untuk Meraih Prestasi Dalam Kompetisi Matematika Di SMP Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Zainuddin Suardi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal yang dilakukan oleh guru di smp negeri 1 tarakan dalam mempersiapkan siswanya untuk meraih prestasi dalam kompetisi matematika jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. adapun teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data dengan cara menyusun dan mempersiapkan data untuk dianalisis, membaca dan memahami semua data, melakukan pengkodean semua data, membuat deskripsi dan tema, menghubungkan tema dan deskripsi, serta menginterpretasikan makna, tema, dan deskripsi. dari hasil analisis data, terdapat temuan peran guru dalam mempersiapkan untuk mengikuti kompetisi matematika di smp negeri 1 tarakan yaitu 1) menetapkan kritena, 2) menganalisis kemampuan matematika siswa, 3) melakukan pendekatan personal, 4) menjadi fasilitator, 5) memotivasi, 6) memanfaatkan sarana dan prasarana. kata kunci: kompetisi matematika, matematika smp, peran guru, studi kasus
Abstrak Indonesia
This study aimed to describe what teachers at smp negeri 1 tarakan did in preparing their students to get achievements in mathematics competitions. this type of research was qualitative with a case study approach. the data collection techniques were interviews, documentation, and observation. after collecting the data, data analysis was then carried out by compiling and preparing data for analysis, reading and understanding all data, coding all data, creating descriptions and themes, connecting themes and descriptions, and interpreting meanings, themes and descriptions. from the results of data analysis, it was revealed that in preparing students to take part in the mathematics competition at smp negeri 1 tarakan, the teacher's role consisted of 1) setting requirements; 2) analyzing students' mathematical abilities; 3) taking a personal approach; 4) becoming a facilitator, 5) motivating. 6) utilizing facilities and infrastructure. keywords: mathematics competition, mathematics for junior high school, teachers' role, case studies