UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Kasus Tentang Learning Loss Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 10 Tarakan Tahun Ajaran 2022/2023

Studi Kasus Tentang Learning Loss Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 10 Tarakan Tahun Ajaran 2022/2023

Pengarang : Husnul Adhawiyah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Learning loss merupakan suatu kondisi pada anak yang muncul karena adanya kesulitan-kesulitan dalam proses pembelajaran. kasus learning loss menjadi hambatan pada proses belajar anak yang menyebabkan tidak adanya motivasi belajar pada diri anak. tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan learning loss pada siswa kelas viii di smp negeri 10 tarakan. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. subjek penelitian ini terdiri dari satu orang siswa yang mengalami kasus learning loss yaitu informan f. metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. hasil penelitian ini menunjukkan gambaran learning loss disebabkan oleh adanya rasa malas, kehilangan semangat belajar yang ditandai dengan kelelahan atau kebosanan dalam belajar, motivasi belajar yang kurang karena tidak fokus dalam memperhatikan pelajaran, ketergantungan terhadap bantuan orang lain karena selalu menyontek dan meminjam barang teman juga kurangnya dukungan dari keluarga. sehingga dampak yang ditimbulkan siswa mengalami penurunan kemampuan dalam membaca dan menghitung, hilangnya keterampilan dan pengetahuan yang dipelajari sebelumnya seperti tidak pernah mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan dan penurunan nilai ujian atau prestasi hasil belajar seperti hasil rapor di bawah nilai kkm. adapun penanganan yang dilakukan guru bk disekolah untuk mengurangi learning loss yaitu memberikan bimbingan remedial, pemberian nasehat dan teguran. kata kunci: learning loss siswa

Abstrak Indonesia

Learning loss is a condition in which students find difficulties in the learning process. the learning loss becomes a challenge for students to get into the learning process, which leads them to miss leaming motivation. the research aimed to describe eighth graders' learning loss of smpn 10 tarakan. this research is qualitative research with a descriptive approach. the research subject was a student experiencing learning loss, informant f. data collection methods of this research were interviews, observation, and documentation. the research finding showed that learning loss is caused by laziness, fatigue or boredom, lack of learning interest, dependence on others, cheating, and lack of family support. consequently, these conditions led the student to decrease literacy and numeracy skills and lose learned competency. since the students never reviewed the discussed lessons, which drove the student's achievement in the learning outcomes was below the passing grade. dealing with this issue, the counselor of snipn 10 tarakan provides remedial guidance, giving advice, and reprimands. keywords: student's learning loss