UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMPN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung Tahun Ajaran 2022/2023

Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMPN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung Tahun Ajaran 2022/2023

Pengarang : Siami Nur Azizah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Motivasi belajar merupakan proses perubahan tingkah laku yang terjadi di dalam satu situasi. situasi belajar ini ditandai dengan motif-motif yang di tetapkan dan diterima oleh siswa. terkadang satu proses belajar tidak dapat tercapai hasil maksimal disebabkan karena ketiadaan kekuatan yang mendorong (motivasi). dalam hal ini perubahan merupakan sesuatu yang dilakukan secara sadar (disengaja) dan bertujuan untuk memperoleh suatu yang lebih baik dari sebelumnya. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik diskusi kelompok terhadap motivasi belajar siswa di smpn terpadu unggulan 1 tana tidung. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa di smpn terpadu unggulan 1 tana tidung yang berjumlah 144 siswa. teknik sampling menggunakan non probality sampling (purposive sampling) dengan ukuran jumlah sampel 21% dari populasi sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 siswa. pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif, teknik analisis inferensial dan uji paired sampel t.test dengan spss versi 22.0. berdasarkan analisis disimpulkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis, nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05) yang artinya teknik diskusi kelompok memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa di smpn terpadu unggulan 1 tana tidung. pada pemberian pretest dari 30 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian, terdapat 21 (70%) siswa yang memiliki motivasi belajar yang sangat rendah , 9 (30%) siswa memiliki motivasi belajar yang rendah. pada pemberian posttest terdapat 24 (80%) siswa yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi, 6 (20%) ssiwa yang memiliki motivasi belajar tinggi. kata kunci: bimbingan kelompok, diskusi kelompok, motivasi belajar

Abstrak Indonesia

Learning motivation is changing the behavior that occurs in a situation. the learning situation is characterized by motives set out and accepted by the students. the learning process cannot achieve its full range without encouraging forces (motivation). in this case, change is done consciously and aims to obtain something better than before. this research aimed to describe the impact of group discussion techniques on the motivation of learning studentsat integrated junior high school no. 1 tana tidung. this research was quantitative research with an experimental approach that has 144 students as the research population. the sampling technique used non-probability sampling (purposive sampling) with a sample size of 21% of the population, so the sample count in this study was 30 students. the researcher used descriptive analysis techniques, inferwntial analysis techniques and t.test paired sample tests with spss version 22.0. based in the analysis, it was concluded that based on the hypothesis test results, the significance value (0.000 < 0.05) means that the group discussion technique influences the motivation of learning at the tana tidung integrated junior high school. in a pretest assessment of 30 students who were surveyed, there were 21 (70%) of these students had external motivation, and 9 (30%) were students who had low motivation. posttest was administered to 24 (80%) students with high motivation and 6 (20%) with a high motivation to study. keywords: group guidance, group discussions, study motivation