
Penerapan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Adaptabilitas Karir Siswa Pada Masa New Normal Di Kelas XI SMK Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Mega Septiani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan informasi efektif untuk meningkatkan kemampuan adaptabilitas karir siswa pada masa new normal di kelas xi smk negeri 2 tarakan. adaptabilitas karir merupakan kecakapan individu dalam mempersiapkan diri untuk menuntaskan berbagai macam tugas yang telah terprediksi dan terlibat dalam peran pekerjaan, juga mampu menanggulangi permasalahan yang sebelumnya tidak dapat diprediksi maupun diprediksi dalam dunia pekerjaan dan kondisi kerja. penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design menggunakan one group pretest-posttest dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi siswa kelas xi smk negeri 2 tarakan yang berjumlah sebanyak 108 siswa dan penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling berjumlah 30 siswa. instrumen penelitian menggunakan skala adaptabilitas karir berdasarkan teori savickas (2012), teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji hipotesis paired sample t-test. adapun uji paired sample t-test menggunakan spss 16.0 for windows. hasil analisis data dari uji paired sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka ho ditolak dan ha diterima yang artinya bahwa layanan informasi efektif untuk meningkatkan kemampuan adaptabilitas karir siswa pada masa new normal di kelas xi smk negeri 2 tarakan. berdasarkan dari hasil skor pretest yang di peroleh 30 siswa sebagai sampel penelitian ini terdapat 10 (33%) siswa memiliki tingkat adaptabilitas karir tinggi, 20 (67%) siswa memiliki tingkat adaptabilitas karir sedang. pada hasil skor posttest terdapat 19 (64%) siswa yang memiliki tingkat adaptabilitas karir tinggi dan 11 (36%) siswa yang memiliki tingkat adaptabilitas karir sedang. kata kunci: adaptabilitas karir, layanan informasi
Abstrak Indonesia
This research aim to determine the effecitiveness of information services application to improve students career adaptability in the new normal period in class xi of smk negeri 2 tarakan. career adaptability is an individual’s skill in preparing oneself to complete variety of predictable tasks and being involved in job rules, as well as being to overcome problems that were previously unpredictable or predictable in the world of work and working conditions. this research was a pre-experimental design research using one group pretest-posttest with a quantitative approach with a population of class xi students of smk negeri 2 tarakan totaling 108 students and the sample used is simple random sampling totaling 30 students. the research instrument was a career adaptability scale based on savickas’s theory (2012). data analysis techniques were descriptive analysis and inferential analysis with paired sample t-test hypothesis testing. the paired sample t-test test used spss 16.0 for windows. the data analysis results of the paired sample t-test test obtained a sig (2-tailed) value of 0.000 < 0.05, so ho was rejected and ha was accepted, which means that information services were effective for improving students’ career adaptability during the new normal period in class xi smk negeri 2 tarakan. based on results of the pretest score obtained by 30 students as a sample of this research, 10 (33%) students had a high level of career adaptability and 20 (67%) students had a moderate level of career adaptability. the results of the posttest score showed that there were 19 (64%) students who had a high level of career adaptability and 11 (36%) students who had a moderate level of career adaptability. keywords: career adaptability, information services