UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas IX-4 SMPN 7 Tarakan: Analisis Pada Penyelesaian Soal Bangun Ruang Sisi Datar

Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas IX-4 SMPN 7 Tarakan: Analisis Pada Penyelesaian Soal Bangun Ruang Sisi Datar

Pengarang : Nurhikma

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kemampuan representasi matematis merupakan sebuah ungkapan-ungkapan ide matematis yang memuat bentuk objek, gambar, diagram, grafik, dan simbol yang dapat membantu peserta didik dalam mengkomunikasikan pendapat peserta didik sehingga dapat digunakan sebagai sarana dalam menunjukan hasil pemikiran peserta didik dalam upaya memperoleh kejelasan makna, menunjukan pemahamannya, serta mencari sebuah solusi dari permasalahan yang dihadapi peserta didik. tujuan penelitian adalah menganalisis kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar pada kelas ix-4 smp n 7 tarakan. jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. informan sebanyak 5 peserta didik yang terdiri dari 1 peserta didik berkategori sangat tinggi, 1 peserta didik berkategori tinggi, 1 peserta didik berkategori sedang, 1 peserta didik berkategori rendah dan 1 peserta didik berkategori unik. teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis berupa soal bangun ruang sisi datar dan wawancara, kemudian data dianalisis berdasarkan jenis-jenis kemampuan representasi matematis peserta didik. jenis-jenis kemampuan representasi matematis ada tiga yaitu kemampuan representasi visual, kemampuan representasi simbolik dan kemampuan representasi verbal. dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi visual peserta didik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar, cenderung sudah mampu menyajikan sebuah masalah ke dalam bentuk gambar, meskipun masih terdapat kesalahan yang cukup sering muncul. adapun kemampuan representasi simbolik peserta didik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar, cenderung sudah dapat merepresentasikan sebuah masalah ke dalam representasi simbolik. akan tetapi, terdapat beberapa peserta didik yang masih kurang teliti dalam mengerjakan soal kemampuan representasi sehingga terdapat kesalahan yang membuat hasil jawaban kurang lengkap. sedangkan kemampuan verbal peserta didik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar, kemampuan verbal peserta didik cenderung sudah dapat membuat representasi verbal dalam menyelesaikan permasalahan. akan tetapi peserta didik masih kurang dalam representasi verbal berbentuk teks. dimana peserta didik dapat menjelesakan secara lisan, tetapi secara tulisan peserta didik masih kurang. kata kunci: kemampuan representasi matematis, penyelesaian soal

Abstrak Indonesia

The skill for mathematical representation is an expression of mathematical ideas that take the shape of objects, picture, diagrams, graphs, and symbols that can help students express their ideas so that they can be used as a way to demonstrate the outcomes of their thinking in ab effort to achieve clarity of meaning, demonstrate their understanding, and look for a solution to the problems the are facing. the aim of the study was to analyze students’ mathematical representation skills in solving problems on flat sided geometric in class ix-4 smpn 7 tarakan. a case study approach was used in this kind of qualitative research. five students made up the informants: one from the very high category, one from the high category, one from the moderate category, one from the low category, and one from the unique category. written tests with flat-sided geometric questions and interviews were utilized as data collection approaches. the data were then examined according to the different student types’ skills for mathematical representation. visual representation skill. symbolic representation skill and verbal representation skill were the three different categories of mathematical representation skill. the study’s finding that although there were still many errors, student’s visual representation abilities in solving flat-sided geometrical issues tended to be able to portray a problem in the form of an image. in terms of students’ symbolic representation skills, they typically had the skill to represent a problem in symbolic from when soling flat-sided geometrical problem. unfortunately, some students were still not thorough when answering question on representational skills, which resulted in mistakes that rendered the answer inaccurate. students’ verbal skill tended to be able to make verbal representation in solving difficulties, even when tackling flat-sided geometrical problems. students still did not have enough text- students could complete orally. keywords: mathematical representational skills, problem solving