
Deskripsi Dekadensi Moral Siswa Pasca Pandemi Covid-19 SD Negeri Di Kota Tarakan
Pengarang : Batiarvi Lamia
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2023Abstrak Indonesia
Pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk indonesia kurang lebih 2 tahun menyebabkan perubahan terkhusus perubahan dalam dunia pendidikan. pendidikan yang selama ini berjalan seketika mengalami peralihan ke ranah digital (online) pembelajaran online yang dilakukan tentunya memberikan berbagai dampak salah satunya dampak negatif yaitu dekadensi moral. dekadensi moral yang terjadi dikalangan siswa saat ini sangat memperhatinkan dikarenakan pengaruh media sosial yang terbiasa siswa lihat selama penggunaan handphone pada saat pembelajaran online, di salah satu kelas vi sd negeri di kota tarakan terdapat fenomena dekadensi moral dimana siswa melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang seperti berbicara dengan bahasa yang tidak baik dan lain-lain. penelitian ini berfokus pada mendeskripsikan dekadensi moral siswa pasca pandemi covid-19. dengan tujuan untuk mengetahui dekadensi moral siswa yang terjadi di lingkungan sekolah. jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitaif deskriptif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas vi salah satu sd negeri di kota tarakan telah mengalami dekadensi moral, perilaku dekadensi moral yang sering terjadi adalah penggunaan bahasa yang tidak baik, tindakan curang, pengabaian akan peraturan, perkelahian, tidak toleran, sikap merusak diri, dan pencurian. tindakan kekerasan dan kematangan seksual tidak begitu sering muncul dan penyalahgunaan narkoba disekolah tidak ditemukan dalam penelitian ini. kata kunci: dekadensi moral, pasca pandemi covid-19, siswa
Abstrak Indonesia
The covid-19 pandemic, which has hit the world including indonesia for about 2 years, has caused various changes, especially changes in the world of education education, which has been going on all this time, immediately experienced a transition to the digital (online) realm. certainly, the online learning has various impacts, one of which is a negative impact, namely moral decadence. the moral decadence occuring among students is very concerning due to the influence of social media they are accustomed to seeing while using mobile phones during online learning in one of the vi grades of public elementary school in tarakan city, there is a phenomenon of moral decadence where students show misbehavior such as speaking with bad language and others. this research focused on describing the moral decadence of students after the covid-19 pandemic with the aim of investigating students' moral decadence that occur in the school environment. this type of research was a descriptive qualitative research data collection techniques were observation, interviews, and documentation. then, using qualitative data analysis techniques consisted of data reduction, data presentation, and drawing conclusions, the results showed that students at grade vi of one of the public elementary schools in tarakan city had experienced moral decadence. the behavior of moral decadence that often occurred was the use of bad language, cheating, ignoring rules, fighting, intolerance, self-destructive behavior, and theft. acts of violence and sexual maturation did not occur frequently and drug abuse at school was not found in this study. keywords: moral decadence, covid-19 post-pandemic, students