UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyimpulkan Isi Berita Dengan Menggunakan Metode Komunikatif Di Kelas VI SD Negeri 014 Sebuku

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyimpulkan Isi Berita Dengan Menggunakan Metode Komunikatif Di Kelas VI SD Negeri 014 Sebuku

Pengarang : Mas’ud

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Pendekatan komunikatif adalah suatu pendekatan yang bertujuan untuk membuat kompetensi komunikatif sebagai tujuan pembelajaran. dalam penelitian ini pendekatan komunikatif tersebut digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam materi menyimpulkan isi berita. penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk) dengan objek penelitian adalah siswa kelas iv sdn 014 sebuku. penelitian ini berlangsung kurang lebih 2 minggu pada proses belajar mengajar di semester ii. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi menyimpulkan isi berita. penelitian ini menggunakan lembar kerja siswa sebagai instrumen penelitian dan hasilnya dideskripsikan secara kualitatif. setelah diadakan tindakan dalam 2 siklus, hasil tes dianalisis dan hasilnya kemampuan siswa mengalami peningkatan. hasil pra siklus menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa adalah 50 %, pada siklus i berubah menjadi 66,7% dan siklus ii menjadi 96,7%. kata kunci: menyimpulkan isi berita dan metode komunikatif

Abstrak Indonesia

Communicative approach is an approach that purposed to make communicative competency as a learning objective. communicative method is used to increase students ability in news content conclusion. this thesis uses action research (ptk) and the students of grade 4th at sdn 014 sebuku as a research object. it is done about 2 weeks at teaching learning process in the 2 nd semester. the purpose of this thesis is, to know if communicative method could enhance students’ ability in news content conclusion. this thesis uses students’ worksheet as a research instrument and the result described qualitatively. the result of the 4th grade students are increasing, after the action in 2 cycles. the result of pre cycle shows that the grade competency is 50% in the 2nd cycle the grade competency is 66,7% and the 3rd cycle is 96,7%. keywords: news content conclusion and communicative method