UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Di Kelas IV SD Negeri 014 Sebuku

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Di Kelas IV SD Negeri 014 Sebuku

Pengarang : Kesumawati

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Metode kooperatif adalah metode belajar yang melibatkan seluruh siswa untuk saling berkomunikasi dalam pembelajaran. dalam penelitian ini metode kooperatif tersebut digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam materi penjumlahan bilangan bulat. penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk) dengan objek penelitian adalah siswa kelas iv sdn 014 sebuku. penelitian ini berlangsung kurang lebih dua minggu pada proses belajar mengajar di semester ii. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode kooperatif dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi penjumlahan bilangan penelitian dan hasilnya dideskripsikan secara kualitatif. setelah diadakan tindakan dalam 2 siklus, hasil tes dianalisis dan hasilnya kemampuan siswa mengalami peningkatan. hasil pra siklus menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa adalah 42,9%, pada siklus i berubah menjadi 50% dan siklus ii menjadi 95%. kata kunci: penjumlahan bilangan bulat dan metode kooperatif

Abstrak Indonesia

Cooperative method is an observation that do to find out and evidence many indications. cooperative method is used to increase students' ability in sum round number. this thesis uses action research (ptk) and the students of grade 4th at sdn 014 sebuku as a research object. it is done about 2 weeks at teaching learning process in the 2nd semester. the purpose of this thesis is, to know if cooperative method could enhance students’ ability in sum round number. this thesis uses students’ worksheet as a research instrument and the result describes qualitatively. the result of 4th grade students are increasing, after the reaction in 2 cycles. the result of pre cycle shows that the grade competency is 42,9% in the 2nd cycle the grade competency is 50% and the 3rd cycle is 95%. keywords: sum round number and cooperative method