
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelipatan Dan Faktor Bilangan Dengan Menggunakan Metode Experiential Learning Di Kelas IV SDN 015 Sebuku
Pengarang : Florentinus Bara Tupen
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi kelipatan dan faktor bilangan melalui model experiential learning di kelas iv sdn 015 sebuku. penelitian tindakan kelas (ptk) ini dilaksanakan dalam 2 siklus. masing masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar pengamatan aktivitas siswa. dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa pada siklus i mencapai ketuntasan 57,1% dan pada siklus ii meningkat menjadi 97,1%. kesimpulan penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah penggunaan model experiential learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi kelipatan dan faktor bilangan di kelas iv sdn 015 sebuku. kata kunci: model experiential learning, hasil belajar siswa
Abstrak Indonesia
The research design of this research used classroom action research (car). the objective of this research was to improve the students’ mathematics achievement of fold and factorial number through experiential learning model at fourth grade students in sdn 015 sebuku. the research was conducted in two circles. each circle was done into some steps; plaining, implementing, observing and reflecting. the research instruments were test and observation sheet. based on the result of study in first circle the criteria of success were 57.1% and in the second circle the criteria of success were 97.1%. by understanding the result of this study, it can be concluded that the experiential learning model can improve the students’ mathematics achievement on fold and factorial number at fourth grade students in sdn 015 sebuku. keywords: experiential learning model, students’ achievement