UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKN Materi Sistem Pemerintahan Desa Dan Kecamatan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas IV/B SDN 001 Sebatik

Meningkatkan Hasil Belajar PKN Materi Sistem Pemerintahan Desa Dan Kecamatan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas IV/B SDN 001 Sebatik

Pengarang : Arsah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa sd negeri 002 sebatik dalam proses belajar pkn pada materi sistem pemerintahan desa dan kecamatan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (stad). penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli 2013 dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan tes yang dilakukan terhadap siswa kelas iv sdn 001 sebatik yang berkaitan dengan peningkatan hasil belajar pada materi sistem pemerintahan desa dan kecamatan. data dalam penelitian ini meliputi : (1) data dari rekan observer yang dievaluasi dan kemudian dijadikan acuan untuk perbaikan pada pertemuan berikut; (2) data hasil tes evaluasi belajar siswa. sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas iv sdn 001 sebatik dan rekan-rekan guru sebagai mitra peneliti serta seluruh komponen sekolah. hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model kooperatif tipe student team achievement division (stad)dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas iv sdn 001 sebatik. peningkatan tersebut digambarkan secara klasikal dari 68,18 % pada siklus i meningkat menjadi 100% pada siklus ii, ini berarti terjadi peningkatan sebanyak 31,82%. kata kunci: hasil belajar, student team achievement division (stad)

Abstrak Indonesia

Tidak Tersedia Deskripsi