UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Materi Pangkat Dua Dan Akar Pangkat Dua Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di SDN 003 Tanjung Palas Utara

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Materi Pangkat Dua Dan Akar Pangkat Dua Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di SDN 003 Tanjung Palas Utara

Pengarang : Minarni

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas v materi pangkat dua dan akar pangkat dua menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di sdn 003 tanjung palas utara. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas v materi pangkat dua dan akar pangkat duang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di sdn 003 tanjung palas utara. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. subjek penelitian adalah siswa kelas v sdn 003 tanjung palas utara yang berjumlah 25 orang. hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai 93% atau sebanyak 23 siswa yang nilainya diatas kkm. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pangkat dua dan akar pangkat dua di kelas v sdn 003 tanjung palas utara. kata kunci: jigsaw, hasil belajar

Abstrak Indonesia

This research was to improve students’ mathematics learning outcome on square and square root material using cooperative learning model type jigsaw at the fifth grade of sdn 003 north tanjung palas. the research design used was classroom action research (car) which was done for 2 cycles. the subject of research was the fifth grade students of sdn 003 north tanjung palas which consisted of 25 persons. the result of research showed that the students’ learning outcome improved significantly which was 93% or 23 students achieving scores which were higher than the criteria of success. based on the result of research, it can be concluded that cooperative learning model type jigsaw can improve students’ learning outcome on square and square root material at the fifth grade of sdn 003 north tanjung palas. keywords: jigsaw, learning outcome