
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Energi Gerak Menggunakan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Sesayap Hilir
Pengarang : Masrah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar melalui metode eksperimen di kelas iv sdn 006 sesayap hilir. penelitian ini memakai model penelitian tindakan kelas (ptk) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. penelitian dilaksanakan dua siklus. alat penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. data yang dikumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus i nilai rata-rata adalah 62,63 dan pada siklus ii sebesar 73,68. sedangkan standar kriteria ketuntasan minimal pada pembelajaran ipa adalah 70.00. penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ipa pada materi energi gerak meningkat melalui model eksperimen pada siswa kelas iv sdn 006 sesayap hilir. kata kunci: metode eksperimen, prestasi siswa
Abstrak Indonesia
Tidak Tersedia Deskripsi