UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Alat Peraga Sederhana Di Kelas IV SDN 009 Tanjung Palas Timur

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Alat Peraga Sederhana Di Kelas IV SDN 009 Tanjung Palas Timur

Pengarang : Katina

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian menggunakan model pembelajaran explicit instruction berbantuan alat peraga sederhana di kelas iv sdn 009 tanjung palas. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. subjek penelitian ini adalah kelas iv yang berjumlah 14 orang. instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. hasil penelitian di siklus i, persentase ketuntasan siswa adalah 71% dan di siklus ii adalah 100%. sedangkan, rata-rata nilai siswa di siklus i adalah 64,5 dan di siklus ii adalah 75,7. berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran explicit instruction berbantuan alat peraga sederhana bisa meningkatkan hasil belajar matematika di kelas iv sdn 009 tanjung palas. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran explicit instruction

Abstrak Indonesia

The objective of this research was to improve students’ mathematics achievement on multiplication and divison subject by using explicit instruction learning model of simple visual aid at the fourth grade students of sdn 009 tanjung palas. the design of this research used classroom action research. the research was done in two cycles, each cycle consist of some steps; planning, implementing, observing, reflecting. the research was conducted at the fourth grade students and the subjects of this research were 14 students. the research instruments were test and observation. based on the result of study in first cycle, the number of percentage was 71% and the second cycle was 100%. while, the students’ score average on the first circle was 64.5 and the second cycle was 75.7. by understanding the result of this study, it can be concluded that the use of explicit instruction learning can improve students’ mathematics achievement at the fourth grade students of sdn 009 tanjung palas. keywords: students’ achievement, explicit instruction learning model