
Peningkatkan Prestasi Belajar IPA Struktur Panca Indra Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI Berbantukan Media Gambar Di Kelas IV SDN 003 Tanjung Palas Utara Kabupaten Bulungan
Pengarang : Haryanto
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013Abstrak Indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar ipa struktur panca indra menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe gi berbantukan media gambar dikelas iv sdn 0063 tanjung palas utara. penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 1 juli sampai 30 september 2013 agustus pada semester ganjil. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. subjek penelitian ini adalah kelas iv yang berjumlah 22 orang. instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. hasil penelitian di siklus i, persentase ketuntasan siswa adalah 81,8% dan di siklus ii adalah 95,5%. sedangkan, rata-rata nilai siswa di siklus i adalah 79,5 dan di siklus ii adalah 86,1. ini menunjukan bahwa siswa telah mencapai indikator kesuksesan. berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe gi bisa meningkatkan prestasi belajar ipa di kelas iv sdn 003 tanjung palas utara. kata kunci: prestasi belajar, model pembelajaran kooperatif tipe gi
Abstrak Indonesia
The objective of this research was to improve students’ natural science achievement by using cooperative learning model gi type of picture media at the fourth-grade students of sdn 003 north tanjung palas. the research was done from 1 july – 30 september 2013 in odd semester. the design of this research used classroom action research. the research was done in two cycles, each cycle consists of some steps: planning, implementing, observing, reflecting. the research was conducted at the fourth-grade students and the subjects of this research were 22 students. the research instruments were test and observation. based on the result of study in first cycle, the number of percentages was 81,8% and the second cycle was 95,5%. while the students’ average score in first cycle was 79.5 and in second cycle was 86.1.it indicates that students have gained the criteria of success in this research. by understanding the result of this study, it can be concluded that the use of cooperative learning model gi type can improve students’ natural science achievement at the fourth-grade students of sdn 003 north tanjung palas. keywords: students’ achievement, cooperative learning model gi type