UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas V SDN 008 Karang Agung

Penerapan Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas V SDN 008 Karang Agung

Pengarang : Budiyana

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan sejauh mana penerapan model pembelajaran explicit instruction dengan bantuan alat peraga sederhana pada siswa kelas v sdn 008 karang agung untuk meningkatkan hasil belajar memahami konsep perkalian dan pembagian bilangan bulat. jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian dilaksanakan 18 hari , mulai tanggal 2 sampai 21 september 2013.subyek penelitian adalah siswa kelas v sdn 008 karang agung dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa yang terdiri 11 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. alat peraga sederhana berfungsi sebagai sarana bantu untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif,siswa lebih mudah dan cepat menangkap tujuan dan bahan yang diajarkan. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran explicit instruction berbantuan alat peraga sederhana untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep perkalian dan pembagian bilangan bulat pada siswa kelas v sdn 008 karang agung. akhir siklus ii terdapat 82,6 % atau sebanyak 19 siswa yang nilainya diatas 60 (diatas kkm).

Abstrak Indonesia

Tidak Tersedia Deskripsi