
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Pada Materi Urutan Bilangan Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Kartu Bilangan Di SDN 003 Tanjung Palas Barat
Pengarang : Apui Beri
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013Abstrak Indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk hasil belajar matematika kelas iv pada materi urutan bilangan dengan menggunakan metode demonstrasi berbantuan media kartu bilangan di sdn 003 tanjung palas barat. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. subjek penelitian ini adalah kelas iv. instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. hasil penelitian di siklus i, persentase ketuntasan siswa adalah 45% dan di siklus ii adalah 82%. sedangkan, rata-rata nilai siswa di siklus i adalah 65 dan di siklus ii adalah 75,45. berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi bisa meningkatkan hasil belajar matematika di kelas iv sdn 003 tanjung palas barat. kata kunci: hasil belajar, metode demonstrasi
Abstrak Indonesia
The objective of this research was to improve students’ mathematics achievement on ordering number subject by using demonstration method and number card media at the fourth-grade students sdn 003 west tanjung palas. the design of this research used classroom action research. the research was done in two cycles, each cycle consists of some steps: planning, implementing, observing, reflecting. the research was conducted at the fourth-grade students. the research instruments were test and observation. based on the result of study in first cycle, the number of percentages was 45% and the second cycle was 82%. while the students’ score average on the first cycle was 65 and the second cycle was 75.45. by understanding the result of this study, it can be concluded that the use of demonstration method can improve students’ mathematics achievement at the fourth-grade students of sdn 003 west tanjung palas. keywords: students’ achievement, demonstration method