
Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Anak Melalui Media Animasi Audio Visual Pada Siswa Kelas VIB SD Negeri 048 Tarakan Tahun Pembelajaran 2012/2013
Pengarang : Yufrida Yunus
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013Abstrak Indonesia
Peran penting penguasaan keterampilan menyimak sangat tampak di lingkungan sekolah. siswa mempergunakan sebagian besar waktunya untuk menyimak pelajaran yang disampaikan guru. keberhasilan siswa dalam memahami serta menguasai pelajaran diawali oleh kemampuan menyimak yang baik untuk itu guru harus memilih, mengkombinasikan, mempraktikkan bahan ajaran dan media yang sesuai dengan situasi. keberhasilan pembelajaran menyimak ditentukan oleh media yang tepat. siswa sd kelas vi rata-rata berusia 10-12 tahun tergolong masih anak anak. pada usia tersebut, umumnya anak-anak menyukai cerita anak. penggunaan media animasi audio visual dalam pembelajaran menyimak cerita anak dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan minat siswa serta memotivasi belajar. penelitian dilaksanakan di sd negeri 048 tarakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak melalui media animasi audio visual. data diperoleh dari hasil evaluasi yang dilakukan setelah beberapa tahap penelitian ditempuh, kemudian dilakukan analisis data. penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. hal ini terlihat dengan meningkatnya rata-rata nilai dari 71,2 pada siklus i menjadi 86,0 pada siklus ii. adapun saran yang dikemukakan adalah memberikan variasi-variasi dalam pembelajaran menyimak diantaranya dengan penggunaan media animasi audio visual, mempersiapkan media tersebut secara baik, mempertimbangkan kelas yang akan digunakan, dan jam pelajaran yang akan digunakan untuk pembelajaran menyimak. kata kunci: keterampilan menyimak, cerita anak, media animasi audio visual
Abstrak Indonesia
An important role of receptive shows in the school environment. students almost use all their time to receive the lesson that is delivered by the teacher. the student’s success in understanding and holding the lesson begins with their skill to be receptive well, so that the teachers have to choose, to combine, to practice the lesson and media based on the situation. success of the lesson is determined by proper media. the average age of students in grade iv are 10-12 years old and it was included as the children. at that age, most of them like to read children’s stories. usage of animated audio-visual media in learning to receptive the children’s story can increase their curiosity and student interest as the motivation to study. research that was held in sdn 048 tarakan for increase the receptive of children’s story by animated audio-visual media. data obtained from results of evaluation that has been done after phase the research achieved, and then analyze the data. this research was implemented in 2 cycles. the result of this research shows there is an increase of student achievement in study. it’s been proven with the increase of score average from 71.2 on first cycle and it becomes 86.0 second cycle. the suggestions are to give some variations in learning for receptive subjects like usage of animated audio-visual media, prepare for the media well, consider the class will be used, and time of lesson that will be used for learning. keywords: skill to receptive children’s story, animated audio-visual media