
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tematik Berbantuan Media Gambar Di Kelas III-A SDN 016 Pantai Amal
Pengarang : Yohanis Sampe Rande
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan mencari keliling dan luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan media gambar. jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (ptk). tempat penelitian adalah sdn 016 pantai amal tarakan. penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 27 dan 30 mei 2013 di kelas iii-a semester ii sdn 016 pantai amal tarakan. rancangan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. instrumen penelitian untuk memperoleh data perkembangan siswa adalah observasi terhadap prilaku siswa dan tes prestasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada prestasi siswa. hal ini dapat dilihat dari hasil yang di peroleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan nilai rata-rata prestasi siswa hanya 53,4 ( 20% ) dan setelah diberikan tindakan pada siklus i, nilai rata-rata prestasi belajar siswa meningkat menjadi 75 (60%). setelah di lakukan refleksi siklus i, prestasi belajar siklus ii mengalami peningkatan menjadi 87. dengan ketuntasan klasikal 92% hingga penelitian dikatakan berhasil. kata kunci: prestasi belajar media gambar
Abstrak Indonesia
The objective of this research in to increase students` learning achievement in the topic about to measure the perimeter of a square wide and a square long by using picture media. this is a classroom action research (car). this research was conducted in sdn 016 pantai amal tarakan started from may 27th to and may 30th, 2013. the subject of this research was the third-a class student of sdn 016 pantai amal tarakan. this research consists of two cycles. in each cycle consists of two meetings. the research instrument to get the data about the students' development are from students` behavior observation and students` achievement test. the research result showed that there is improving about students` achievement. this was proved from the result from each cycle, before the action the average score was only 53,4 (20% of classical passing grade) and after the action in cycle 1, the average score of the students increase to 75 (60% of classical passing grade). after the reflection in cycle 1, the learning achievement in cycle 2 increased to 87 with 92 % of classical passing grade and it showed that this research was successful. keywords: learning achievement, picture media