UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Uang Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Di Kelas IVA SD Negeri 004 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Uang Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Di Kelas IVA SD Negeri 004 Tarakan

Pengarang : Sri Maryati S.

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok uang melalui model pembelajaran kontekstual di kelas iva sd negeri 004 tarakan. subjek penelitian ini adalah siswa kelas iva sd negeri 004 tarakan terdiri dari 15 siswa perempuan dan 20 siswa lakilaki. variabel penelitian meliputi (1) hasil belajar, (2) penggunaan model pembelajaran kontekstual. rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi empat tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. teknik pengumpulan data dan analisis data menggunakan teknik observasi dan tes. hasil analisis tes akhir siklus i nilai rata-rata kelas mencapai 69,42 terdapat 9 siswa belum tuntas (25,71) dan 26 siswa sudah tuntas (74,29%). kendala siswa yang belum tuntas adalah masih ada beberapa siswa yang belum memahami konsep yang dipelajari. hasil tes akhir siklus ii rata-rata kelas adalah 84,28 terdapat 2 siswa yang belum tuntas (5,72%) dan 33 siswa yang sudah tuntas (94,28%). kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kontekstual hasil belajar matematika materi pokok uang dikelas iva sd negeri 004 tarakan dapat meningkat. kata kunci: hasil belajar, contextual teaching and learning

Abstrak Indonesia

The purpose of this research was to improve mathematics learning achievement topic money through contextual learning model at iva students of sd negeri 004 tarakan. the subjects were students of class iva elementary school 004 tarakan. research variables include (1) use of contextual learning model, (2) learning achievement. the study design used was action research which includes four stages: 1) planning, 2) implementation, 3) observation and (4) reflection. data collection techniques and data analysis using observation and tests. final test results of the first cycle of analysis the average value reached 69.42 class there are 9 students have completed (25,71%) and 26 students have completed (74,28%). constraints students who have not completed are still some students who do not understand the concept being studied. the results of the final test cycle ii class average is 84.28 there are 2 students who have not completed (5,72%) and 33 students who have completed (94,28%). conclusion of this research is through contextual learning model of the subject matter of mathematics learning achievement in class iva money elementary school 004 tarakan can be increased. keywords: mathematics learning achievement¸ contextual teaching and learning