UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Melalui Metode Multisensori Di TK B2 Handayani Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Melalui Metode Multisensori Di TK B2 Handayani Tarakan

Pengarang : Senani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak-anak di taman kanak-kanak handayani tarakan dengan menggunakan metode multisensori. subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas b2 tk handayani kota tarakan dengan jumlah siswa 28 anak yang terdiri dari 16 anak laki-laki, 12 anak perempuan yang berusia kurang lebih 5-6 tahun. jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah: (a) pekerjaan siswa pada latihan saat pembelajaran berlangsung, (b) pengamatan pada saat proses pembelajaran berlangsung, (c) dokumentasi kegiatan pembelajaran yang dibutuhkan dalam penelitian. selanjutnya data yang dihasilkan dianalisis dengan metode deskripsi kualitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan metode multisensori, rata-rata kemampuan membaca permulaan pada siswa sangat rendah, setelah menggunakan metode multisensori, rata-rata kemampuan membaca permulaan siswa menjadi 77,67 maka terjadi peningkatan dibandingkan sebelum dilakukan tindakan dengan menggunakan metode multisensori. berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca permulaan.

Abstrak Indonesia

The research objective is to improve reading skills in children beginning at a preschool handayani tarakan using multisensory methods. the subjects were students in the class b2 preschool handayani tarakan city by the number of students 28 children comprising 16 boys, 12 girls aged approximately 5-6 years. this type of research is a classroom action research. techniques used to collect the data of this study are: (a) work students on practice when learning takes place, (b) observations during the learning process, (c) documentation of the learning activities required in the study. furthermore, the data was analyzed by the method of qualitative description. the results showed that before using multisensory method, the average reading ability of students is very low at the beginning, after using a multisensory method, the average reading ability of students beginning to be 77.67 then there is an increase compared to prior to the action using a multisensory method. based on the results of that study concluded that by using multisensory learning can improve students' skills in reading beginning.