
Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas IVB SDN 019 Tarakan
Pengarang : Rosalina
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013Abstrak Indonesia
Keberhasilan siswa dalam belajar tergantung dari kemampuan guru dalam mengembangkan kreasi mengajar, mampu menarik minat siswa untuk belajar sehingga siswa tidak mengalami depresi mental seperti kebosanan, mengantuk, bahkan anti pati terhadap mata pelajaran. permasalahan dalam penelitian ini adalah “bagaimana meningkatkan motivasi belajar ips dengan menggunakan model pembelajaran talking stick ?“. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick berbantuan media gambar pada pokok bahasan permasalahan sosial. subyek penelitian ini adalah siswa kelas ivb sdn 019 tarakan. teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi siswa, observasi guru, angket dan tes hasil belajar. hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar menjadi lebih baik. simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran talking stick berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran ips. kata kunci: motivasi belajar, ips, talking stick
Abstrak Indonesia
Student success in learning depends on the ability of teachers to develop creative teaching, able to attract students to study so that students do not have mental depression such as boredom, sleepiness, even anti starch to subjects. the problem in this study is "how to increase the motivation to learn social studies by using learning models talking stick". this research is a classroom action research that aims to increase students' motivation by using a model-aided learning talking stick media images on the subject of social issues. the study subjects were graders of ivb sdn 019 tarakan. data collection techniques using observation sheets student, teacher observation, inquiry and achievement test. the results showed that the use of talking stick model of learning can increase students' motivation to learn to get better results. conclusions from this research is a model of learning talking stick a positive effect on students' motivation and learning model can be used as an alternative learning social study. keywords: motivation to learn, ips, talking stick