
Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan CD Pembelajaran Interaktif Pada Siswa Kelas IV-D SDN 012 Tarakan
Pengarang : Pebri Trigusnanda
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013Abstrak Indonesia
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan cd pembelajaran interaktif pada siswa kelas iv-d sdn 012 tarakan. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, mulai tanggal 30 april - 30 juni 2013. subjek penelitiannya adalah siswa kelas iv-d sdn 012 tarakan dengan jumlah 30 siswa, dengan rincian 13 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. hal ini dapat dilihat hasil skor motivasi belajar matematika siswa yang diperoleh pada siklus i sebesar 63,3% dan meningkat pada siklus ii menjadi 86,7% sehingga penelitian dikatakan berhasil. kesimpulan penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe stad berbantuan cd pembelajaran interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. kata kunci: motivasi belajar, model pembelajaran stad, cd pembelajaran interaktif
Abstrak Indonesia
The design of this research was class action research was to improve the students’ motivation in learning mathematic through cooperative learning stad type using cd interactive learning at fourth (iv-d) grade students in sdn 012 tarakan. this research conducted in two cycles, since april 30th until june 30th, 2013. the subject was fourth (iv-d) grade students in sdn 012 tarakan as 30 students, which consists of 13 female and 17 male students. the result of the reseach showed that students learning motivation be improved. it showed on result of students' motivation in learning mathematic were in cycle i was 63,3% improve in cycle ii was 86,7%. the conclusion of this class action research was cooperative learning stad type using cd interactive learning could improve students’ learning motivation. keywords: students’ motivation, cooperative learning stad type, cd interactive learning