
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas IVC SDN 028 Tarakan
Pengarang : Nuur Milah Sary
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika materi operasi hitung perkalian menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe stad pada siswa kelas ivc sdn 028 tarakan. peningkatan hasil belajar siswa diukur dari penilaian aspek ranah afektif dan kognitif. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan terhadap siswa kelas ivc yang berjumlah 29 siswa sdn 028 tarakan. teknik pengumpulan data melalui lembar pengamatan aktivitas siswa dan guru serta hasil tes belajar siswa yang dilaksanakan setiap akhir siklus. ketuntasan belajar klasikal sebelum diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe stad nilai ≥ 70 hanya 21% dari 29 siswa. setelah dilaksanakan proses pembelajaran kooperatif tipe stad pada siklus i diperoleh 65.5% atau 19 siswa memperoleh nilai ≥ 70 meningkat pada siklus ii diperoleh hasil 82.7% atau 24 siswa memperoleh nilai ≥ 70. hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika materi operasi hitung perkalian menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe stad di kelas ivc sdn 028 tarakan. kata kunci: hasil belajar matematika, kooperatif tipe stad
Abstrak Indonesia
The purpose of this research is to know mathematics learning achievement with multiplication operation material using cooperative method type stad in fourth grade of sdn 028 tarakan. the improvement of students learning achievement is measured based on the assessment of their cognitive and affective aspects. this research is classroom action research. classroom action research was conducted to the fourth-grade students of sdn 028 tarakan. the total number of students were 29 students. data collected by using the result of observation on teachers and student's activities and the result of test in the end of each cycle. classical learning completeness before applying stad cooperative learning was ≥ 70 only 21% of 29 students. having implemented the process of stad cooperative learning in the 1 cycle gained 65,5% or 19 students gained ≥ 70 and increased on the 2nd cycle gained 82,7% or 24 students gained ≥ 70. result of analysis showed an increased in mathematics learning achievement with multiplication operation material using cooperative method type stad in fourth grade of sdn 028 tarakan. keywords: mathematics learning achievement, stad cooperative learning