
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Pada Siswa Kelas IV-5 SDN 018 Tarakan
Pengarang : Hirma Agustina
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2013Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ipa siswa dengan penerapan model pembelajaran examples non examples di kelas iv-a sdn 018 tarakan. subjek penelitian tindakan kelas (ptk) ini adalah siswa kelas iv-5 sdn 018 tarakan yang berjumlah 30 siswa. penelitian tindakan kelas (ptk) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. hasil belajar pada siklus 1 rata-rata yang diperoleh diperoleh 70 dengan ketuntasan belajar 63%, dan pada siklus ii terjadi peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 76 dengan ketuntasan belajar klasikal 80%. ptk ini adalah dengan penerapan model pembelajaran examples non examples di kelas iv-5 sdn 018 tarakan. kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples di kelas iv-5 sdn 018 tarakan meningkatkan hasil belajar pada materi sumber daya alam. kata kunci: hasil belajar, ipa, examples non-examples
Abstrak Indonesia
The purpose of this study to determine the increase in learning outcomes civics students with the application of non-examples examples of learning models in class iv-a sdn 018 tarakan. subject classroom action research (car) is the fourth-grade students of sdn 018-5 tarakan which amounted to 41 students. classroom action research (car) is carried out in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. data collection techniques used were tests and observation. learning outcomes in cycle 1 obtained average gained 70 to 63% mastery learning, and the second cycle increasing learning outcomes by an average of 76 to 80% mastery learning classical. ptk is the application of learning models non-examples examples in class iv-5 018 tarakan sdn. the conclusion of this class action research is research using non-examples learning model in the class iv-5 018 tarakan sdn improve learning outcomes in resource material. keywords: learning achievement, science, examples non examples